25 Film ini Bercerita Tentang Metal

Metal merupakan musik yang sangat digilai oleh banyak orang saat ini mulai dari remaja hingga tua suka dengan metal apalagi metal sekarang sangat bervariasi, Mulai dari anak remaja yaitu Scane EMO KIDS sampai generasi tua Metallica, Motorhead, Slayer yaitu Scane Metal Oldschool. bukan hanya di musik saja metal juga pernah diangkat dilayar lebar bahkan ada beberapa film dokumenter tentang metal ini pernah mengambil syuting di indonesia, silahkan cek this out

25 Film ini Bercerita Tentang Metal

1. Trilogi Film The Decline of Western Civilization
film dokumenter ini keseluruhannya dibuat di pantai barat Amerika tepatnya di Los Angeles dan dibagi 3 kategori berdasarkan waktu
#1 The Early Years dibuat antara tahun 1979 dan 1980, mengcover sebuah subkultur baru di pantai barat Amerika saat itu yaitu punk. Subkultur ini menolak segala bentuk irasionalitas peradaban Barat serta ditolak kehadirannya dalam peradaban Barat. Di awal dekade 1980 film ini dilarang beredar di seluruh pantai barat Amerika namun ironisnya ia menjadi cult icon dalam kultur anak muda Amerika era tersebut. Band yang terlibat dalam film ini yaitu The Black Flag, Circle Jerks, dll.
#2 The Metal Years dibuat sekitar tahun 1986 hingga 1988. Ia dinamakan The Metal Years, namun tidak benar benar mengcover musik Metal karena didalamnya banyak terdapat Glam Rock yang juga berkembang pesat di Los Angeles. Katakanlah alice cooper, poison, wasp, aerosmith, KISS, dll. Hanya dua buah band Metal yang terdapat dalam film ini yaitu Megadeth dan Motorhead. Oleh karenanya kelak film ini mendapatkan tandingan dari beberapa film dokumenter lain yang diproduksi VH1.
#3 LA Hardcore street punk, dibuat di tahun 1998. Ia mencover kehidupan anak anak muda Los Angeles dalam subkultur punk di akhir dekade 90an. Subkultur ini sangat menolak segala bentuk kemapanan namun ironisnya ia menjadi nihilis dan destruktif disaat yang bersamaan.
Saya tidak memiliki trilogi film The Decline of Western Civilization, namun tahun 2005 tanpa sengaja menyaksikan trilogi film ini melalui Metro TV yang secara ajaibnya menayangkan film film ini.
2. 1991 The Year Punk Broke. Film ini berfokus pada pergerakan musisi grunge dan noise rock. Beberapa band yang terlibat disini adalah Sonic Youth, Nirvana, Dinosaur Jr, Hole, Mudhoney, dll
3. American Hardcore. Film ini adalah arsip sejarah tentang lahirnya musik dan kebudayaan revolusioner bernama hardcore. Dibuat sekitar tahun 2006, namun berisi berbagai interview dengan para musisi, pengamat musik, scenester, majalah, dll. Dilengkapi pula dengan footage footage dan foto foto pergerakan musik hardcore. Berbagai band hardcore street punk yang lahir dan tumbuh di Amerika pada era 80an terlibat disini. Ketika sejarah berkata bahwa punk yang nihilistik itu dilahirkan di Inggris, maka sejarah juga harus mencatat bahwa pergerakan bawah tanah yang lebih radikal dan anarkis telah lahir di Amerika yaitu hardcore.
4. The Blank Generation. Film ini dibuat tahun 1976, merupakan dokumenter kehidupan belakang panggung dari beberapa musisi seperti Iggy pop, Blondie, New York Dolls, Ramones, dll sebelum mereka menjadi ikon musik.
5. West Way to The World. Film dokumenter yang dibuat di tahun 2000 ini merupakan biopic terhadap band punk Inggris yang sangat powerfull yaitu The Clash.
6. Control. Film ini merupakan biopic terhadap vokalis band post punk Inggris, Joy Division yaitu Ian Curtis. Disutradarai oleh Anton Corbijn, seorang filmmaker dan fotografer dari Eropa yang terkenal dalam membuat berbagai video musik band band legendaris dunia dengan gaya hitam putih ataupun duo tone.
7. D.O.A. a rite of passage. Film dokumenter ini dibuat tahun 1980, yang menceritakan tentang bagaimana punk rock menginspirasi kultur musik di daratan Amerika pada era tersebut. Berisi berbagai footage live show dan behind the scene serta wawancara dengan berbagai nama nama seperti Sex Pistols, Billy Idol & Generation X, The Dead Boys, Sham 69, Iggy Pop, Ramones, dll
8. End of The Century. Film dokumenter tahun 2003 ini merupakan biopic terhadap band punk rock paling berpengaruh asal kota New York yaitu The Ramones.
9. The Great Rock n Roll Swindle. Film yang dibuat tahun 1980 ini merupakan mockumentary atau film ejekan bergaya dokumenter tentang Sex Pistols. Cerita dalam film ini berkisar mengenai kehidupan band tersebut hingga sukses dimana hal itu merupakan hasil dari sang manajer yaitu Malcolm Mc Larren. Sex Pistols sendiri hanya menjadi cameo dalam film ini dan lebih terceritakan sebagai boneka dari sang manajer. Tentunya film ini dibuat berdasarkan sudut pandang sang manajer yaitu Malcolm Mc Larren yang merupakan salah satu inisiator anarki di Inggris.
10. 24 Hours Party People. Film yang dibuat tahun 2002 ini berkisah tentang kehidupan scene music kota Manchester antara tahun 1976 hingga 1992. Dari sini kita mengetahui istilah istilah seperti Madchester, dll. Beberapa band yang terlihat disini antara lain Joy Division, Happy Mondays, New Order.
11. Hype!. Film ini dibuat tahun 1996 dan merupakan dokumenter terbaik mengenai kehidupan dan pergerakan musik grunge pada periode 1990 hingga 1995. Berbagai dokumentasi mulai dari konser musik di garasi garasi hingga meledaknya grunge menjadi kultur pop terdapat disini. Band band yang terlibat, hampir keseluruhannya adalah band band yang pernah bernaung dalam Sub Pop Records, sebuah musik label yang banyak melahirkan musisi grunge, noise rock dan alternatif. Band2 tersebut antara lain, Mudhoney, Nirvana, Soundgarden, Pearl Jam, The Melvins, dll.
12. The Last Days. Film ini adalah sebuah fiksi tentang hari hari terakhir vokalis Nirvana yaitu Kurt Cobain. Hari hari terakhir Kurt Cobain dalam hidupnya hingga sekarang masih tetap menjadi misteri, walau terdapat beberapa versi. Dan film ini sendiri adalah upaya reka ulang hari hari terakhir Kurt Cobain dalam imajinasi sang sutradara dan penulis naskahnya yaitu Gus Van Sant.
13. Quadrophenia. Film fiksi tahun 1979 ini berkisah tentang kehidupan beberapa orang scenester dari subkultur mod di Inggris. Bagi kalangan mod dan indie pop, film adalah cult icon.
14. Sid & Nancy. Film tahun 1986 ini adalah biopic kehidupan Sid Vicious, bassist Sex Pistols dan hubungannya dengan Nancy Spungen, kekasihnya yang juga seorang drug dealer.
15. SubUrbia. Film fiksi ini dibuat tahun 1984, dan memotret kehidupan anak anak muda California yang lari dari rumah dan menjadi penganut gerakan punk yang anti kemapanan. Beberapa aktor dalam film ini juga adalah musisi, salah satu nama terkenal diantaranya adalah Flea yang juga bassist dari Red Hot Chili Peppers.
16. Threat. Film independen tahun 2006 ini menceritakan kehidupan anak anak muda kota New York dalam salah satu varian subkultur hardcore yaitu straight edge pasca kejadian 9/11 yang meruntuhkan menara kembar WTC.
17. Urgh! A Music War. Film dokumenter tahun 1981 yang dibuat di Inggris dan memotret pertarungan eksistensi dalam industri musik antara para musisi dari beberapa genre yaitu punk, post punk, dan new wave.
18. Heavy, The Story of Heavy Metal. Film dokumenter produksi VH1 tahun 2006 ini merupakan sebuah reaksi jawaban terhadap film The Metal Years. Selain mendokumentasikan scene metal pantai barat Amerika, film ini juga mengungkap mengapa film The Metal Years sendiri merupakan pencitraan yang buruk dan dekaden dari scene metal Amerika.
19. Get Thrashed, The Story of Thrash Metal. Film dokumenter ini masih produksi VH1 di tahun 2006 dan merupakan arsip sejarah yang cukup penting. Ia mengungkap kelahiran musik Thrash Metal di Amerika yang kemudian menjadi sebuah revolusi kebudayaan dalam industri musik dunia. Berbagai band thrash metal terlihat disini mulai dari generasi tua seperti Metallica, Megadeth, Exodus, Slayer, Anthrax, Suicidal Tendencies, dll hingga kepada generasi baru seperti Lamb of Gods, Hatebreed, Killswitch Engage, Shadow Falls, dll. Bahkan terlihat juga band band thrash metal diluar Amerika Serikat yaitu Sepultura dari Brazil, Kreator dari Jerman, Annihilator dari Kanada, dll. Saya sendiri memiliki filmnya dan juga memposting resensi mengenai film ini di multiply saya.
20. Metal, A Headbangers Journey. Film dokumenter ini dibuat oleh Sam Dunn, seorang anak metal yang juga antropologis. Ia berkeliling dunia mewawancarai berbagai musisi metal untuk mengungkap mengenai musik metal adalah sebuah pergerakan kebudayaan yang ampuh. Dan dalam film ini juga diberikan sebuah pohon taksonomi mengenai metal dan berbagai genre variannya.
21. Global Metal. Film dokumenter ini masih juga dibuat oleh Sam Dunn. Ia berkeliling dunia dan memperlihatkan dampak dari globalisasi musik metal yang berawal dari kultur bawah tanah hingga terindustrialisasi sebesar ini. Selain itu juga diperlihatkan juga bagaimana berbagai orang dari berbagai negara dengan berbagai kultur mentransformasikan musik metal kedalam platform mereka sendiri. Dalam film ini yang cukup cool adalah ketika Lars Ulrich, sang drummer Metallica, masih mengingat dengan baik kejadian kejadian di malam ketika Metallica mengguncang Jakarta di tahun 1996 serta menceritakannya dengan cool kepada Sam Dunn. Tapi di film ini juga terdapat scene yang sangat tidak cool yaitu wawancara dengan Ombat, personil band Tengkorak, dimana jawaban jawaban Ombat terkesan bodoh, bego dan irasional. Sungguh memalukan untuk ukuran sebuah band deathmetal yang memiliki nama besar di Indonesia.
22. Heavy Metal In Baghdad. Film dokumenter ini sangat ok. Ia memotret kehidupan mengenai band heavy metal asal Irak yaitu Acrassicauda pasca kejatuhan Saddam Husein. Seperti diketahui, pasca Saddam Husein jatuh, Irak berada dalam perang saudara, namun menemukan musuh bersama yaitu Amerika Serikat. Bagi band ini, bertahan hidup sekaligus menginspirasi rakyat Irak dengan musik metal adalah sebuah hal yang sulit dan nyaris mustahil. Scene yang sangat cool disini adalah ketika mereka memainkan musik metal di ruangan apartemen mereka, tidak lama kemudian sebuah roket menghantam apartemen tersebut karena dikira adalah camp tentara Amerika. Film ini berakhir dengan Acrassicauda harus terbang ke Syria demi harapan baru akan hidup dan kecintaan mereka akan musik heavy metal.
23. Cliff Em All. Film dokumenter ini adalah sebuah eulogi dari personil Metallica dan juga para metalhead lain dan seluruh fans metalnya untuk Cliff Burton, personil Metallica dan juga seorang bassist legendaris yang meninggal dalam kecelakaan bus saat Metallica melakukan turnya.
24. Heavy Metal. Film fiksi animasi ini dibuat tahun 1981. Tradisi tradisi populer dalam scene metal Amerika Utara seperti komik, sains fiksi, kekerasan, pornografi dan musik cadas digabungkan menjadi satu disini. Berkisah tentang sebuah bola kristal yang mengandung kekuatan sangat jahat dan mampu memprovokasi tindakan *seven deadly sins* jatuh dan menginvasi bumi. Bola kristal ini sendiri telah menempuh perjalanan melalui berbagai planet dan membuat kekacauan di berbagai galaksi. Film ini adalah sebuah cult icon pada dekade 80an. Sutradara film ini yaitu Ivan Reittman adalah seorang metalhead Yahudi asal Canada yang kelak melahirkan film2 box office seperti Ghostbusters, Honey I Shrunk The Kid, Back to The Future, dll. Ia juga adalah ayah kandung dari Jason Reittman yang kelak melahirkan film Thank You For Smoking, Juno & Up In The Air.
25. The Wall. Film eksperimental asal Inggris yang dibuat tahun 1982. Ia menterjemahkan lagu lagu dalam album Pink Floyd yaitu The Wall yang kurang lebih berarti alienasi akibat peradaban modern. Film ini disutradarai oleh Alan Parker sementara naskah dari film ini sendiri dibuat oleh vokalisnya yaitu Roger Waters. Film ini sangat metaforis, penuh dengan simbol simbol yang politikal serta adegan adegan yang sangat provokatif dan kontroversial. Selain itu secara teknis, film ini menggabungkan antara live shoot dengan animasi dan visual efek dengan cukup baik. Harus diingat bahwa untuk tahun tersebut, tata cara teknis yang dieksekusi cukup baik seperti ini sangatlah jarang dan rumit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *