Atasi Malas Minum Air Putih

ar

Temanpintar.com – Air putih tidak hanya sebagai pelepas dahaga saja, tapi juga banyak manfaatnya bagi kesehatan. Akan tetapi banyak orang yang tidak mau minum air putih. Banyak alasan, ada yang yang tidak menyukai air putih karena rasanya yang tawar, tidak puas jika hanya minum air putih saja, dan yang paling tinggi penyebabnya karena malas.

Sebenarnya rasa malas itu disebabkan oleh ketidak tahunya terhadap manfaat dari air putih, tidak terbiasa mengkonsumsi dan karena ada minuman lain yang lebih menarik di lidah. Nah, berikut tips-tips agar kita tidak malas mengonsumsi air putih, antara lain.

1. Mengetahui Manfaatnya
Karena air putih tidak hanya sebagai pelepas haus saja, tetapi juga sebagai kebutuhan bagi organ-organ vital dalam tubuh kita. Misalnya seperti, dengan minum air putih tubuh kita akan tampak lebih sehat dan bugar, karena air putih bersifat menghilangkan kotoran-kotoran dalam tubuh yang akan lebih cepat keluar lewat urin. Bahkan beberapa orang menganggap air putih dapat menyembuhkan penyakit jantung, rematik, kerusakan pada kulit, penyakit saluran napas,usus, penyakit kewanitaan, serta gangguan jiwa. Penyakit ringan macam batuk, pilek, suara serak, dan kurang tidur juga bisa disembuhkan.
2. Bahaya Tidak Menyukai Air Putih
Banyak sekali akibat burukyang ditimbulkan dari kekurangan air, antara lain dehidrasi, gangguan fungsi kognitif (kepandaian) di otak, terkena infeksi kandung kemih, gangguan fungsi pada ginjal, dan kulit menjadi kusam. Selain dehidrasi yang dialami tubuh bisa menyebabkan gejala mulai dari yang ringan dan sedang dan sedang seperti lelah. Haus, tenggorokan kering, panas, sakit kepala, air kencing pekat, denyut nadi cepat, hingga gejala berat seperti halusinasi dan kematian.
3. Kebiasaan Rutin
Untuk permulaan, mungkin akanterasa suli jika kita minum 1,5 liter air atau sekitar 8 gelas sehar, tapi lambat laun akan terbiasa. Mula-mula ketika kita banguntidur minumlah satu gelas air putih, dua gelas sehabis kita olah raga atau melakukan kegiatan pagi, satu gelas pada saat makan siang, dua gelas setelah beraktifitas selama satu hari, satu gelas saat makan malam, dan satu gelas sebelum tidur.
4. Kurangi Minum yang Banyak Warna, Soda dan Kafein
Kenapa? Padahal minuman tersebut secara fisik maupun rasanya sangat menggoda di lidah. Hal itu agar manfaat air putih lebih maksimal bagi kesehatan tubuh. Jadi, jangan malas lagi untuk minum air putih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *