Sepakbola asalnya dari Inggris, dan di negara ini terdapat kompetisi atau liga terbaik di dunia English Premier League. Beberapa aturan dan hal baru Liga Inggris Musim 2016/2017 yang perlu kamu tahu.

Bola Baru

nike ordem 4

Liga Inggris musim musim 2016-2017 akan menggunakan bola Nike Ordem 4. Bola ini memiliki kombinasi warna ungu, biru, dan hijau muda. Ada garis berwarna hitam membentuk rangkaian segi lima yang menghiasi bola ini.

Kick Off Satu Pemain

kick off satu orang

Yup, cara ini sebelumnya diterapkan pada Euro 2016 Perancis lalu, dan bakal diterapkan pada ajang Liga Inggris.

Harga Tiket Tandang Dibatasi

ticket

Harga tiket tandang musim 2016/17 dibatasi dengan harga tertinggi 30 pounds atau setara Rp 500 ribu. ketentuan harga tiket ini menyusul protes dari Federasi Suporter Sepak Bola Inggris sepanjang musim lalu.

Pertandingan Hari Jumat

jumat malam sabtu

Liga Inggris yang sebelumnya hanya dimainkan pada Sabtu dan Minggu kini menambah hari pertandingan. Pada musim 2016-2017, pertandingan Liga Inggris juga akan dimainkan pada Jumat malam waktu setempat atau Sabtu dini hari WIB. Salah satu laga yang akan dimainkan pada Jumat malam itu adalah Manchester United kontra Southampton.

Keringanan Hukuman

premier league logo

Kalau musim lalu terdapat tiga hukuman terhadap pemain yang secara sengaja melakukan pelanggaran di kotak penalti. Ketiga hukuman itu yakni mendapat hukuman tendangan penalti, diusir ke luar lapangan, dan dilarang tampil di pertandingan selanjutnya.

Tapi musim 2016-2017, pemain yang melakukan pelanggaran di kotak penalti tak akan langsung diusir. Sebagai gantinya, wasit akan memberikan hukuman kartu kuning.

Satu Syal untuk Dua Klub

syal klub lawan

Penjulan syal dengan nama dua tim sekaligus akan marak dilakukan di luar stadion sepanjang musim 2016-2017. Syal itu bertuliskan dua nama klub yang bertanding yang dibangi menjadi dua sisi.

Boleh Main Setelah Perawatan

injury

Jika seorang pemain dilanggar oleh lawan, mereka dapat kembali bermain tanpa menunggu aba-aba wasit. Perubahan tersebut dilakukan karena membiarkan tim yang melakukan pelanggaran keras bermain dengan jumlah lebih banyak dianggap tidak adil.

Diusir Sebelum dan Sesudah Pertandingan

red cards

Wasit dapat memberikan kartu merah untuk pemain setiap waktu termasuk sebelum kick-off dan setelah peluit akhir dibunyikan. Itu berarti kartu merah dapat diberikan untuk pelanggaran yang wajar, seperti melakukan kekerasan selama pemanasan.

Ada Musik Setelah Goal

music premier league

Beberapa klub akan memutar musim ketika mereka mencetak gol di laga tandang di musim musim 2016-2017.