Bagaiman Tanaman Bisa Tumbuh di Gurun Pasir yang Gersang?

gurun pasir
Sumber foto kaskus

Temanpintar.com – Tanaman yang tumbuh digurun pasir adalah tanaman yang benar-benar sangat kuat! Untuk tumbuh saja, mereka harus berjuang melawan kekeringan dan bertahan dalam perubahan suhu yang benar-benar ekstrim di siang dan malam hari. Bahkan, tanaman tempat mereka tumbuh yang kaya akan garam dan miskin unsur hara.
Ada tiga jenis tanaman yang dapat tumbuh di daerah padang pasir.Tumbuhan tahunan, phraetophytes, dan xerophytes. Tumbuhan tahunan sangat sabar, bibitnya mampu bertahan hidup hingga tiga tahun tanpa air dan masih tetap mampu berkembang. Waw…
Phraetophytes tumbuh dengan jaringan akar bawah tanah yang sangat panjang. Mereka tertanam dengan sangat kuat didalam pasir agar bisa bertahan melawan iklim yang luar biasa panas dan juga badai pasir. Mereka berbunga setiap tahunnya.
Xerophytes sangat dikenal karena daya tahan mereka yang sangat kuat terhadap kekeringan. Tanaman ini menyerap dan menyiram air dalam batang tubuhnya. Kaktus adalah tanaman yang paling terkenal di dalam kelompok ini.

Saat terjadi hujan di padang pasir, kaktus yang besar mampu menyerap berliber-liber air yang akan digunakan sebagai persediaan di saat musim kering. Sungguh-sunggh sangat luarrr biasa!!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *