perbedaan kopi murni dan kopi campuran

Kopi bukan sekedar sebuah minuman saja, namun sekarang telah menjadi gaya hidup. Btw, hari ini sudah ngopi belum gaess?

Nah, sesuai judulnya, apa sih bedanya kopi murni dan kopi campuran?

Pertama, perbedaannya jelas kopi murni hanya menggunakan biji kopi saja kemudian diolah. Sedangkan kopi campuran biasanya dicampur dengan bahan-bahan lain, misalnya dengan beras atau jagung.

Kedua, soal rasa, kedua tipe ini tidak jauh berbeda jika kamu bukanlah penggila kopi, yang penting ngopi. Tapi bagi mereka yang kritis dan memiliki sensitifitas lebih dari orang kebanyakan, akan merasakan perbedaan rasa dan aroma yang ada di dalam kopi.

Ada banyak sekali jenis kopi di Indonesia, yang paling banyak adalah kopi Robusta dan Arabika. Kopi murni jarang sekali kita dapatkan dalam kemasan sachet, karena memang yang sachet dijual secara ekonomis. Jadi beberapa produk ternama yang beredar atau kita sebut saja kopi sobek sebenarnya sudah ada campuran bahan lain.

Salah satu rekan sekaligus pemilik kedai kopi mengatakan bahwa “kalau kopi murni itu lebih sehat bro, resiko perih di lambung lebih kecil dibandingkan dengan kopi sobek instant itu. Biarpun tanpa gula, rasanya justru malah nikmat dan bisa merasakan yang namanya ngopi yang sesungguhnya”

Kebetulan, admin ditantang untuk mencicipi kopi Robusta dari Temanggung – kota kecil di Jawa Tengah dengan hasil kopi yang telah mendunia.

Simak videonya:

Nah, biarpun sama-sama kopi murni tapi ternyata beda cara panen dan pengolahannya pun memiliki rasa dan aroma yang berbeda pula.

Selamat ngopi 🙂

(Visited 6 times, 6 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *