Belanja Online Aman Dengan Kartu Kredit

Paling asyik kalau belanja online, praktis dan tak perlu pusing bila jalan sedang macet. Tapi dengan banyaknya toko online, belakangan ini mulai dimanfaatkan oleh penipu. Kasus penipuan belanja online makin marak saja.

Advertisement

Kalau tergoda pengen beli produk elektronik dengan harga yang miring atau murah, namun kalau lagi apes, justru uang kita yang bakal melayang. So, tetap waspada saat berbelanja di dunia maya. Untuk menghindarinya, gunakan tips berikut ini supaya belanja online dan aman dengan kartu kredit.

1. Browser, pastikan selalu update demi keamanan

Baik itu menggunakan Google Chrome, Firefox, Internet Explorer, UC Browser, Safari, Opera, dll pastikan untuk selalu update. Alasannya adalah versi terbaru browser yang disediakan telah mengembangkan beberapa bug (kesalahan) dengan proteksi keamanan yang mungkin lebih baik dan aman dari versi sebelumnya.

2. Gunakan anti-malware atau antivirus terbaik

Kamu bisa mencoba G Data Internet Security, Norton Internet Security, atau Bitdefender . Hal ini dilakukan buat antisipasi kalau ada yang mau menyusup.

3. Pilih toko online terpercaya

Reputasi terlihat dari nama sebuah toko online. Maka, perlu perhatikan manasaja toko online yang aman dan terpercaya. Contoh situs belanja terbesar di Indonesia yang mempunyai reputasi : Lazada, Bhinneka, Tokopedia, atau marketplace seperti OLX, Elevania, Bukalapak, Blibli dan masih banyak lagi.

4. Lihat padlock di address-bar (url)

Kalau website online shop, biasanya mereka melakukan enkripsi Secure Sockets Layer (SSL). Tiap kali user berbagi informasi kartu kreditnya di sana, privasi user akan terjaga. Tandanya url adalah https://

5. Jangan ngasih informasi data diri terlalu banyak

Jangan sampai terjebak dengan orang yang punya niat menggali informasi pribadi kamu. Biasanya para cyber crime mengumpulkan data pribadi untuk menyusup dan mungkin bisa juga mencuri uang kamu.

6. Hati-hati dengan Email

Banyak email yang nggak jelas, entah itu spam atau pancingan. Jangan sampai nomor kartu kredit kamu tersebar, karena nomor tersebut memiliki data yang sensitif.

7. Pembayaran online

Beberapa layanan e-payment udah punya reputasi baik semisal PayPal, Bill Me Later, dan PaySimple. Situs tersebut menjaga privasi data finansial kamu dengan baik. Jadi jangan mudah percaya layanan baru yang mungkin jarang kamu denger.

8. Pakai aplikasi ternama

Kalau pakai smartphone, gunakan aplikasi ternama dan meyakinkan. Contohnya Apple App Store atau Google Play. Itupun harus seleksi lagi untuk beberapa aplikasi pembayaran.

9. Tahu hak kamu

Barang sudah dibeli, tapi tidak sesuai, tentu kamu ingin mengembalikannya kan? nah, untuk itu baca terlebih dahulu kebijakan privasi atau syarat dan ketentuan layanan online shop.

10. Pakai logika kamu

Advertisement

Kamu yakin pengen beli kamera DSLR baru dengan harga 2 juta saja? banyak orang yang menawarkan melalui toko online, tapi ketika memesan, justru uang kamu yang hilang. Coba telepon si penjual, ternyata udah nggak aktif. Berarti kamu ketipu. Jadi pakai logika.

Info Terkait

Advertisement

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *