Benerin Flashdisk

Flashdisk rusak bisa dibenerin? susah! hanya segelintir saja yang berhasil benerin flashdisk menjadi seperti semula. Dan itupun tak menjamin kalau bakal awet, yup, error lagi di kemudian hari.

Tapi kalau masih pengen mencoba, nggak ada salahnya sih, tapi saya sarankan beli flashdisk baru dengan merk yang udah ternama.

Oh ya, lihat juga nih aksi flashdik ampuh

Tips memperbaiki flashdisk yang error, terkadang ditandai dengan ‘write protected’

Pertama,  masukkan flashdisk ke dalam USB port yang ada di CPU, jangan di hidung kamu. And then, klik start > run dan ketik: compmgmt.msc

Kamu akan melihat program bernama compmgmt, klik program tersebut. Pilih storage yang berada di tengah, dan habis itu pilih disk management.

Secara umum, flashdisk kamu bisa terdeteksi, coba klik-kanan trus pilih create partition. Klik-kanan lagi dan format, done!

Belum bisa?

Ini biasanya Flashdisk punya ente sudah sekarat dan tida bisa diformat. Solusinya adalah;

  • Download software USB viewer, gunanya buat deteksi VID dan PID, alias ID Vendor dan ID Product flash disk kita dengan cara melihatnya lewat software tersebut. VID dan PID bisa dilihat di device connectednya, akan muncul Ox[PID] atau Ox[VID]
  • Cek juga situs http://www.flashboot.ru/iflash.html sampai disana, coba masukkan data VID dan PID flashdisk kita di kotak yang telah disediakan dan klik tombol di sampingnya. Maka akan muncul nama-nama Flashdisk beserta detailnya, cocokkan Flashdisk milik kalian.
  • Kalau udah klop, copy tulisan paling kanan dari detail Flashdisk kalian tersebut dan paste di kotak pencarian website tadi di pojok kanan atas. Maka kalian akan disediakan link untuk mendownload software yang diperlukan.
    Setelah mendownload dengan meng-klik tulisan mirip Ckayatb (bahasa Russia yang ribet!) Ekstrak file dan buka, maka flashdisk kalian akan terdeteksi dan klik start. Flashdisk kalian akan menjadi normal kembali.

Silakan pakai kembali, jika masih tidak bisa, tanyakan pada orang terdekat ‘dimana tempat sampah’ hahaha.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *