Cara Meracik Kopi Nikmat Paling Simple

Kopi menjadi minuman popular di Indonesia. Walaupun bukan jenis obat, tapi kopi bisa mengobati orang yang hampir gila. Nggak percaya?

Ada yang update status (kebanyakan orang jawa) yang bikin “Ngopi sek, ben ra edan!”

Artinya, ngopi dulu biar nggak gila!

Tapi aslinya, yang bikin gila adalah kopi itu sendiri. Admin salah satu korban dari kenikmatan kopi. Yang warnanya hitam, beraroma nikmat sangat menggugah selera. Bahkan saat nongkrong, saya adalah barista dadakan.

Kopi yang saya bikin, tidak terlalu manis, justru lebih lumayan pahit. Tapi, menurut teman-teman, pas lah.

Untuk membuatnya perlu ada trik khusus, walaupun, kopi bukan merupakan kopi ternama seperti kopi luwak, atau jenis kopi mahal lainnya.

Kopi yang saya bikin biasanya berjenis arabika dari petani Candiroto, Temanggung. Aromanya mirip dengan produk kopi terkenal di Indonesia, yakni Kapal Api. Sebelas duabelas.

Seperti apa caranya, so, ikuti langkahnya :

  1. Takaran satu sendok gula. Ini tergantung selera orang sih sebenarnya. Cuman kalau saya nggak banyak-banyak amat, saya kan lagi mau bikin kopi, bukan manisan.
    TAKARAN GULA YANG PAS
  2. Jumlah bubuk kopi yang mulai menggunung. Dibandingkan dengan volume gula, kopi lebih banyak 30%.
    TAKARAN SENDOK KOPI YANG PAS
  3. Usahakan air sepanas mungkin, kalau bisa habis mendidih. Cara menuangkan pun dengan jarak yang agak jauh, trik ini bertujuan untuk memecah partikel-pertikel kopi dan gula dan matang dengan sempurna. Jangan sampai meleset ya…TUANGKANG KOPI MATANG

Done, selamat menikmati.

KOPI SUDAH JADI
Jiah, fotografernya gimana sih, masa miring gitu 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *