Kategori
KESEHATAN

Manfaat Buah Tin Terbaik untuk Kesehatan

Manfaat Buah Tin Terbaik untuk Kesehatan – Buah tin yang manis dan lezat adalah salah satu buah yang paling populer dalam sejarah umat manusia dan telah dikenal sebagai buah sejak dahulu kala. Menjadi kaya akan phyto-nutrisi, vitamin dan antioksidan, itu bermanfaat bagi kesehatan. Itu dalam bentuk lonceng atau muncul dan ketika kita menulis dagingnya sangat berair dari dalam.

buah tin manfaat

Buah tin kering adalah sumber mineral dan vitamin yang lebih baik daripada buah matang dan memiliki berbagai manfaat kesehatan. Di botani, buah tinadalah bagian dari keluarga Mulberry.

Manis dan lezat, buah tin adalah buah musiman yang dinikmati oleh umat manusia sejak saat itu. Buah tin, secara ilmiah dikenal sebagai Ficuscarica, milik keluarga mulberry, M oraceae dan genus Ficus . Ini memiliki bentuk pir atau lonceng dan memiliki daging lezat di dalam yang bervariasi dalam ukuran dan warna per varietas.

Ada ara putih, merah atau hitam dan varietas terkenal adalah kadota, genoa hitam, misi kalkun coklat, ara Adriatik, dan calimyrna. Pohon buah ini berasal dari Turki atau Asia Kecil. Saat ini, buah tin telah menjadi buah komersial yang sangat penting di Spanyol, Amerika Serikat dan wilayah Mediterania.

Nama ilmiah
Nama ilmiah untuk ara adalah Ficuscarica. Pohon ara ini cocok ditanam di daerah beriklim Turki dan Asia Kecil. Bagian dalam buah tinter diri dari ovarium berbentuk klub yang memanjang ke arah lubang yang berada di tengah buah. Mereka diserbuki oleh tawon empedu secara alami.

buah tin variasi

Beberapa tips kesehatan umum buah tin

  • Ratusan gram ara hanya mengandung tujuh puluh empat kalori, membuat buah tinrendah kalori.
  • Mereka sangat bermanfaat bagi kesehatan karena mengandung mineral, antioksidan, pigmen, vitamin dll.
  • Yang kering adalah sumber yang kaya akan mineral, antioksidan dan vitamin sebagaimana disebutkan di atas.

Senyawa fitokimia ini membantu menghilangkan radikal bebas berbahaya yang berasal dari oksigen dari tubuh kita dan karenanya melindungi kita dari sejumlah penyakit berbahaya seperti kanker , diabetes, penyakit degeneratif, dan bahkan infeksi.

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa zat bernama asam klorogenat ditemukan dalam buah tinyang sangat membantu dalam menurunkan kadar glukosa darah dan disarankan sebagai faktor nutrisi tambahan untuk mengendalikan diabetes tipe 2 dan tipe 1.

Apakah Manfaat Buah Tin Terbaik untuk Kesehatan?

Jika kita menggunakan buah kering atau segar semua vitamin dan mineral dipertahankan dalam buah dan aktivitas anti diabetesnya sama sekali tidak hilang. Vitamin-vitamin ini adalah co-factor dari karbohidrat, protein dan metabolisme lemak.

buah tin pohon

Makan sehat diperlukan agar tubuh bekerja dan berfungsi dengan baik. Buah tinkering kaya akan mineral seperti tembaga, magnesium, seng, selenium, kalium, kalsium, besi dll. Seratus gram ara kering mengandung enam ratus delapan puluh miligram potasium, dua ratus tiga miligram besi dan seratus enam puluh dua miligram kalsium.

Potasium penting untuk pembuatan sel dan cairan tubuh tertentu yang membantu mengendalikan detak jantung dan tekanan darah . Tembaga dibutuhkan oleh tubuh untuk produksi sel darah merah. Zat besi juga dibutuhkan untuk alasan yang sama seperti tembaga, tetapi juga diperlukan untuk oksidasi sel.

Penyimpanan dan penyajian
Buah segar dan manis dari pohon ara dapat dinikmati secara alami. Tidak ada syarat penyedap, tetapi bisa dilakukan jika diperlukan. Buah tinsegar biasanya disajikan sebagai salad untuk makan siang atau makan malam.

Mereka dapat ditambahkan ke es krim dan kue juga. Buah tinkering memberi sari rasa makanan ketika ditambahkan ke sup atau semur. Mereka juga memperkaya produk pertanian seperti unggas, daging rusa, dan daging domba. Buah tinkering dapat langsung dimakan dengan menambahkannya ke sarapan, dan mereka sangat sehat.

Profil keamanan
Lateks putih diproduksi oleh daun buah tinserta buah tinmentah. Ketika lateks ini bersentuhan dengan tubuh, ia memasuki kulit dan dapat menimbulkan semacam sensasi terbakar. Lateks ini memiliki komponen seperti 5 methoxypsoralen serta furocoumarin yang dapat menyebabkan reaksi alergi.

buah tin kasiat

Mereka harus dirawat atau hal itu dapat menyebabkan erupsi alergi. Orang yang sangat sensitif menemukan alergi buah tin. Ini dapat menyebabkan reaksi alergi seperti gatal-gatal pada kulit, muntah, mukosa dan diare . Orang yang sensitif harus mulai menghindari makan buah tin. Demikianlah Artikel tentang Manfaat Buah Tin Terbaik untuk Kesehatan semoga bermanfaat.

Kategori
KESEHATAN

Manfaat Buah Pir sangat Baik untuk Kesehatan

Manfaat Buah Pir sangat Baik untuk Kesehatan – Pir adalah buah yang ringan, manis, kaya akan antioksidan penting, flavonoid, dan serat makanan. Mereka biasanya di musim dari akhir September hingga Januari dan mereka tidak hanya lezat, tetapi juga menawarkan banyak manfaat kesehatan! Di sini di bawah ini Anda akan menemukan yang paling penting:

Dapat Mempromosikan kesehatan Usus

Manfaat tesendiri dari Buah Pir adalah sumber serat larut dan tidak larut yang sangat baik, yang sangat penting bagi kesehatan usus kita.

pear cina pyrus li

Tahukah Anda bahwa satu buah pir berukuran sedang mengandung 6 gram serat? Itu 22% dari manfaat kesehatan pirkebutuhan serat harian Anda !

Buah pir mengandung banyak serat dan serat-serat ini dapat membantu menjaga keteraturan usus dengan melunakkan dan mengangkat tinja.

Selain itu, serat larut memberi makan bakteri sehat di usus Anda. Karena itu, mereka dianggap prebiotik, yang berhubungan dengan penuaan yang sehat dan peningkatan kekebalan tubuh.

Karena kulit buah pir mengandung banyak serat, yang terbaik adalah memakan buah ini tanpa kulit.

Sangat Bergizi

VARIETAS PIR

Ada sekitar 3000 varietas / jenis pir di seluruh dunia! Pir berukuran sedang hanya menyediakan 100 kalori dan kaya akan Vitamin C, Vitamin K, serat, dan mineral seperti tembaga (baik untuk kekebalan, metabolisme kolesterol, dan fungsi saraf) dan potasium (yang membantu kontraksi otot dan fungsi jantung).

Pir juga menyediakan sedikit folat, provitamin A, dan niasin.

Properti anti-inflamasi

Pir adalah sumber antioksidan flavonoid yang baik, yang membantu melawan peradangan dan dapat menurunkan risiko penyakit.

Beberapa penelitian mengkonfirmasi bahwa asupan flavonoid yang tinggi dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes. Efek ini mungkin karena sifat anti-inflamasi dan antioksidan senyawa ini.

Terlebih lagi, pir mengemas beberapa vitamin dan mineral, seperti tembaga dan vitamin C dan K, yang juga memiliki sifat anti-inflamasi.

Dapat Menurunkan Risiko Diabetes

Manfaat kesehatan pirPir terutama varietas merah dapat membantu mengurangi risiko diabetes.

bagus untuk bayi

Satu studi besar di lebih dari 200.000 orang menemukan bahwa makan 5 atau lebih porsi mingguan buah-buahan kaya antosianin seperti pir merah dikaitkan dengan risiko 23% lebih rendah terkena diabetes tipe 2.

Terlebih lagi, serat dalam pir memperlambat pencernaan, memberi tubuh Anda lebih banyak waktu untuk memecah dan menyerap karbohidrat.

Apakah Manfaat Buah Pir sangat Baik untuk Kesehatan?

Dapat membantu Menurunkan Berat Badan

Buah pir rendah kalori, tinggi air, dan dikemas dengan serat. Kombinasi ini menjadikannya makanan yang ramah penurunan berat badan, karena serat dan air dapat membantu Anda kenyang, yang berarti lebih rentan untuk terus makan!

Dapat Meningkatkan Kesehatan Jantung

Buah pir kaya akan antioksidan kuat, seperti procyanidins dan quercetin, yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Faktanya, antioksidan procyanidin mereka dapat mengurangi kekakuan pada jaringan jantung, menurunkan LDL (kolesterol jahat), dan meningkatkan HDL (kolesterol baik) (Sumber).

Kulitnya mengandung antioksidan penting yang disebut quercetin, yang dianggap bermanfaat bagi kesehatan jantung dengan mengurangi peradangan dan mengurangi faktor risiko penyakit jantung seperti tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol.

Sebuah penelitian besar selama 17 tahun pada lebih dari 30.000 wanita mengungkapkan bahwa setiap porsi 80 gram buah setiap hari menurunkan risiko penyakit jantung sebesar 6-7%.

Selain itu, asupan buah pir dan buah putih lainnya secara teratur dianggap dapat menurunkan risiko stroke. Satu studi 10 tahun pada lebih dari 20.000 orang menentukan bahwa setiap 25 gram buah berdaging putih yang dimakan setiap hari menurunkan risiko stroke sebesar 9%.

buah pir daun bermanfaat

Buah pir sangat halus dan mudah memar saat matang, jadi selalu beli sedikit yang tidak matang (harus keras tetapi tidak keras), lalu masak di rumah. Jika Anda membeli buah pir yang tidak matang, simpan di tempat yang cukup dingin hingga siap dimakan. Mereka kemudian dapat disimpan di lemari es tetapi harus dimakan sesegera mungkin! Demikianlah Artikel tentang Manfaat Buah Pir sangat Baik untuk Kesehatan semoga bermanfaat.

Kategori
KESEHATAN Kreatif

Hobi Aquascape DIY, Herry Bagikan Karya Pelindung Wajah Dokter dan Tenaga Medis

Work From Home, tidak membuat Herry bermalas-malasan. Justru dengan adanya wabah virus corona (Covid-19), membuat pria yang gemar hobi aquascape ini memiliki ide merangkai alat pelindung wajah yang sangat dibutuhkan dokter dan tenaga medis.

Mika Pelindung Wajah

alat pelindung wajah covid-19 coronaDengan alat dan bahan yang biasa kita temukan. Herry Rasio (nama di Facebook) membagikan karyanya untuk berpartisipasi untuk team medis.

“Sebisanya… support buat Team medis yang selalu digaris MERAH saat menangani setiap virus.” tulis Herry

DIY (Do It Yourself) adalah sebuah prakarya yang bisa dilakukan semua orang yang mau belajar dan berkarya, bisa dilakukan di rumah. Ia menambahkan dalam pembuatan prakarya ini adalah dukungan untuk team medis yang tengah berjuang di Indonesia.

pembuatan masker wajah

“yang suka DIY, tolong gerakkan tangan anda membuat prakarya ini…saya yakin 75% dari kalian dulu cita2nya juga jadi dokter..” ajak Herry kepada masyarakat “Semoga team medis seluruh indonesia di beri kesehatan dan keselamatan Aamiin.”

membuat cover mask covid-19

Herry membagikan catatan dalam pembuatan pelindung wajah untuk menghidari infeksi Covid-19.

Alat dan Bahan

Hanya diperlukan alat sederhana. Sedangkan bahan untuk membuat pelindung wajah ini banyak kita temui di toko material, taylor maupun di toko buku / stationary. Diantaranya; busa, plastik mika, dan karet kolor.

source: Aquascape DIY Lovers (ADIL) Indonesia

Kategori
KESEHATAN PERISTIWA

Penyebab Virus Corona adalah Kampret?

Mediamuda.com – Kamperet! adalah kata-kata yang lebih halus untuk dipakai saat misuh-misuh. Iya, dari pada anj…. tapi ternyata, kayaknya kampret sedang membalas dendam kepada manusia, di China, kota Wuhan khususnya.

Seperti yang kita ketahui saat ini, sebuah virus mematikan menjadi mimpi buruk kota yang berada di bagian tengah negara Tiongkok tersebut. Sudah banyak korban berjatuhan. Lantas, apakah benar coronavirus itu disebabkan oleh hewan semacam kampret alias kalong aka kelelawar?

Yuk kita telurusi.

Menurut ilmu cocokologi, ini erat kaitannya dengan sebuah band. Kamu kenal M. Shadows? nah, dia adalah vokalisnya.

Avenged Sevenfold – adalah sebuah band metalcore asal Huntington Beach – California, Amerika Serikat. Band tersebut memakai logo tengkorak, dan memiliki sayap kelelawar.

Logo A7X – Avengedsevenfold.com

Avenged: Balas dendam

Sevenfold: Tujuh kali lipat

Logo tengkorak: Kematian

Sayap kelelawar: Subjek

Dari filosofi diatas, ini memungkinkan….

Ini…

Ya… ini kemungkinan terjadi karena aksi balas dendam kelelawar!

Wow… cocok, gaes!

Kok kampret mau balas dendam? emang kenapa?

Beberapa waktu lalu, ada sebuah restoran di China. Nah, disitu ada sebuah menu yang sangat gila, extreme dan tidak manusiawi ataupun kampretsiawi.

Nih, kayak gini!

Orang Cina makan kampret di Restoran – via Dailymail

Lihatlah gaes, betapa sedihnya si kampret. Posisi tidurnya ga nyaman banget dilihat. Dan nampak seorang wanita, sebut saja, miming, menyantapnya bagaikan gak ada makanan lain aja.

Miming: woy kampret, gue makan lu.

Kampret: Ampunnn.

Miming: nggak ada ampun, temen gue udah siap nih ambil foto buat story ig gue. Bentar lagi banyak yang like n follow akun gue.

Kampret: Manusia, bedebah kalian! Dulu kaum hama diserang. Kau tak ingat ini?

Sekarang giliran kaum kami, sudah menderita sekali kami. Sering dipakai manusia buat ungkapan kebusukan, sekarang kau makan juga aku! manusia macam apa kau?

Miming: Follower gue lebih penting daripada etika, lu mau ngomong apa?

Kampret: Manusia jaman sekarang, apa ini yang disebut kaum millenial?

Miming: Berisik lu! bentar lagi lu masuk kedalam perut gue, ga usah banyak cingcong lu kampret!

Kampret: why always me?!? emang ga ada yang lain buat naikin follower ig kamu?

Miming: ada sih, maen Tiktok, tapi gue baru nyadar kalau maen itu kelihatan ga ada otaknya! aaahhh, diem lu, sudah lah, gue mulai gigit dari paha bawah lu.

Kampret: awwwww, sakit!!! Teman-temanku dimana kau?

Miming: teman-temanmu juga sedang dalam antrian dijadiin soup.

Kampret: ok fix! Sebelum lu makan semua tubuhku, gue akan pancarkan sonar kepada teman-teman gue yang ada diluar sana.

Miming: Huaahahaha huhmmmm. Teriaklah sebisamu.. nyam-nyam-nyam

Kamperet: [sonar yang tak terdengar manusia]

Hey kid
Do I have your attention?
I know the way you’ve been living
Life’s so reckless, tragedy endless
(Welcome to the family – lirik lagu dari a7x )

sooner or later, i will die here. Please, avenged sevenfold! kill all pople here by your invisible power, maybe in this country!

owh man, they’re coming!

Miming: percuma juga lu lapor temen-temen lu! yang ada pada mau ditangkap dan dimasak juga. Hahahahaha

Kamperet: [nyawa tinggal 10%] eghh, uggh,, owwcch, kkeee, kkaau, ttuuu, tungg… tunggu saja pemb… pembalasan kami… [dan akhirnya mati ditelan miming]

Other kamprets: boosssss…. oh tidak, suara sonar mu sudah tak kami dengar! bosssss… [menangis]

One month later – Kampret’s Invisible Power

Sebuah berita muncul

Dari satu restoran, merambah ke sebuah kota, dan menjadi headline berita internasional.

Dan para kamperets ternyata telah memperingatkan kepada manusia:

Nothing hurts my world,
Just affects the ones around me
When sin’s deep in my blood
You’ll be the one to fall

lirik lagu avenged sevenfold – unholy confession

Tugas mereka hanya malam hari, karena kampret tergolong makhluk hidup yang berkeliaran di malam hari.

Mereka belum puas juga membalas dendam kepada manusia.

Jiwa setan telah mengalir dalam darahnya si kampret “sin’s deep in my blood”

Maka, manusia yang bersalah maupun yang tidak bersalah, tetap saja akan diserang, yang mana orang menyebut coronavirus.

Sampai kapan ini berakhir? No body knows….

Dan, lebih parah lagi, kamperet telah meng-update patch barunya yang telah di download lewat playstore. Dimana mereka bisa mentransfer malware ke binatang lainnya yang juga dimakan manusia, seperti ayam dan babi.

Kampret vs WHO

Lembaga PBB kesehatan dunia World Healt Organization (WHO), telah menyerukan kepada manusia. Bahwa serangan kampret ini sangat sulit dilawan, tapi bisa diminimalisir.

Untuk itu WHO telah menggambar sketsa tersangka/suspect:

  1. Kampret – Biang kerok
  2. Babi – Penadah, dijelaskan dalam Al-Qur’an haram, tapi masih dimakan juga oleh manusia, paling mudah menularkan penyakit.
  3. Ayam – hewan yang paling sabar dan memberikan rizki, tanpa ini, Mie Ayam gak bisa jualan.
  4. Kecoa – hewan yang satu ini berasal dari jawa, kecoa disebut coro, bermigrasi ke sunda, “eh, ada corona di kamar mandi!” – tapi tidak termasuk. Admin sedang ngarang lagi. No. 4 abaikan yaa, soalnya ga ada sumber.

Untuk menghindari terkena coronavirus di area yang rawan virus, di gambar tadi menjelaskan (sekarang serius nih):

  • Seringlah cuci tangan dengan cairan yang mengandung alkohol, tapi jangan diminum, supaya steril. Kalau susah, pakai sabun, buat orang-orang yang cebok cuma pake tisu, pakailah air…
  • Kalau batuk dan mengeluarkan flek nempel di masker, buang, ganti masker baru dan segera cuci tangan.
  • Jangan terlibat kontak dekat dengan orang yang demam dan batuk.
  • Daging dan telur harus dimasak dulu, banyak orang asia timur makan daging setengah matang bahkan mentah. Minum jamu kuatnya kapan-kapan yaa yang biasa pakai telur mentah.
  • Hindari bersentuhan langsung dengan hewan liar dan hewan ternak seperti kelelawar, babi, dan ayam.

Kesimpulan

Antara pembahasan serius atau bercanda, silakan kamu simpulkan sendiri ya gaes…

Bukannya ga prihatin atau empati dengan korban virus corona, ngeri juga kalau sampai menyebar ke seluruh duia. Jangan sampai deh.

Namun dibalik semua itu, ada sebab ada akibat. Bencana datang karena ulah manusia itu sendiri.

Mungkin ditinjau dari ilmu pengetahuan semacam biology atau zoology, patofisiology, antropology nggak ada kaitannya dengan kelakuan manusia soal penyebaran virus.

Tapi ini bisa jadi teguran sang Pencipta alam karena tingkah lagu manusia saat ini yang mulai kelewatan.

Admin hanya bisa membuat artikel ngawur cocoklogy dan terkadang maksa cocok padahal belum tentu cocok juga. Tapi, whatever lah…

Semoga kita tergolong orang-orang yang dilindungi oleh Allah SWT. Amin…

Kategori
KESEHATAN

Beuh, Kematian Mengancam Jiwa Para Penderita Patah Hati

Adakah dari kamu-kamu sekalian yang sedang patah hati?

Resiko pada Patah hati

Para peneliti beberapa waktu lalu telah menyimpulkan, bahwa seseorang yang mengalami patah hati dan ditinggal mati oleh pasangannya bisa dapat menyebabkan kematian. Kok bisa? kenapa?

Orang-orang yang ditinggal pasangannya akan mengalami peningkatan resiko mengembangkan detak jantung secara tidak teratur. Kondisi seperti ini dikenal dengan fibrilisi atrium, itu merupakan factor resiko untuk gagal jantung dan stroke.

Seperti yang dilansir di laman TelegrapSains. Para peneliti mengatakan dampak yang paling tinggi pada orang-orang yang lebih muda setelah kematian salah satu orang yang mereka cintai.

Para peneliti dari Denmark mengumpulkan data-data dari hampir 90.000 orang yang didiagnosis menderita penyakit fibrilasi atrium antara tahun 1995 dan 2014 dan membandingkannya dengan 890.000 orang yang sehat.

Sebanyak 175.000 dari mereka itu didiagnosis mengalami fibrilasi atrium karena telah kehilangan pasangan mereka, mereka telah memiliki 169.000 dari kelompok pembanding.

Setelah memperhitungkan berbagai faktor, para peneliti menghitung bahwa resiko mengembangkan detak jantung secara tidak beraturan untuk pertama kalinya adalah 41 persen lebih tinggi di antara orang-orang yang telah kehilangan. Menurut para peneliti, resiko tertinggi delapan sampai 14 hari setelah kehilangan, secara bertahap akan menurun.

Mereka yang berusia 60 tahun adalah orang yang paling beresiko. Mengingat kematian pasangan yang tak di duga-duga atau meninggal secara mendadak, itu akan mengakibatkan sebanyak 57 persen mungkin untuk mengambangkan detak jantung secara tidak teratur.

Menurut para penulis, bahwa tidak ada sebab dan akibat dari studi observasional yang disimpulkan, tetapi mengatakan baawa suasana berkabung diketahui dapat meningkatkan resiko penyakit kordiovaskular, penyakit mental, danbahkan dapat menyebabkan kematian. Stres akut yang menganggu irama detak jantung normal dan mendorong produksi bahan kimia yang kemudian dapat menyebabkan peradangan.

“Dukacita adalah peristiwa besar dalam hidup, yang dikenal untuk meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, penyakit mental dan kematian. Penelitian kami telah menunjukkan bagaimana stres emosional dapat memiliki efek buruk pada jantung tapi studi ini juga menyoroti efek fisik yang signifikan. Risiko lebih besar terkena fibrilasi atrium ketika baru-baru berduka. Risiko ini muncul lebih besar pada kematian mendadak atau pada paasangan yang lebih muda.”

 

  • Mediamuda.com – Temanpintar.com
Kategori
KESEHATAN traveling

Pengalaman Alergi Dingin Sampai Jatuh Pingsang

Setelah hampir satu minggu saya ada kesibukan di Tangerang, Jakarta, dan Bekasi, akhirnya saya merencanakan pulang ke Temanggung. Awal mula kesialan saya adalah ketika beli tiket di agen Handoyo di Bekasi, ada orang yang nyelonong saja tanpa antri, padahal itu jatah kursi terakhir. Akhirnya saya pergi ke armada lain, Safari Dharma Raya OBL jurusan Tangerang – Klaten, dan di bus yang saya naiki ini, ternyata AC nya sangat dingin, padahal saya memiliki alergi dingin.

Traveling yang sial

Benar saja, baru memasuki gerbang tol Cipali, tubuh saya mulai bereaksi terhadap dingin. Perjalanan di sepanjang tol, saya merasakan hal yang tidak karuan. Saya sempat berpikir untuk berhenti saja di tempat makan transit pertama di Subang, tapi tetap saja saya lanjutkan.

obat-obatan alergi dingin
Obat-obatan alergi dingin: Omeprazole 20 mg, Cefixime 100 mg, Vastarel suplemen makanan, Seremig 10 mg

Beberapa hal yang saya alami akibat alergi dingin, diantaranya:

  • Gatal bagian dalam kulit mulai dari kaki merambat sampai ke kepala, dan mulai timbul bintik-bintik warna merah. Dan yang terparah adalah blok warna merah merata di perut.
  • Lama kelamaan perut sakit.
  • Dada mulai sesak
  • Kepala pusing
  • Dan yang terparah, saya tidak bisa melihat sama sekali, bisa dibilang saya buta dalam waktu satu menitan.

Saking paniknya, saya ingin menjerit, namun ternyata saya tidak punya daya untuk berbisik sekalipun. Dan apesnya, saya duduk tepat dibawah AC (kursi sekitar nomo 30-an), dan bagian penutup AC sepertinya agak error ‘wes dol’, entah namanya apa itu. Saat itu saya duduk sendirian, maklum bangku kosong karena sedang sepi penumpang.

Mata mulai bisa melihat lagi, sambil saya browsing, dan salah satu artikel mengatakan alergi dingin dalam kondisi hipotermia, bisa menyebabkan kematian. Wah, saya makin panik.

Saya berdo’a dan parah saja “Ya Allah, nek nyong pancen uripe tekan kene thok, ya kersaMu ya Allah” gitu, akhirnya saya tak sadarkan diri dan terbaring di bangku bus. Semua orang tidak ada yang tahu kondisi saya saat itu, taunya tidur kaki lurus sampai ke samping kursi penumpang lain.

Berselang waktu, saya tak tahu pastinya, tiba-tiba bus berhenti, ternyata telah sampai ke transit 2: Gringsing, Batang, Jawa Tengah.

Saya terbangun, perut tidak karuan, saya turun dari bus dan menuju toilet. Saya heran, dengan pandangan agak kabur, orang-orang melihat saya dengan tatapan aneh.

Setelah keluar dari toilet, masih saja orang melihat saya dengan tatapan aneh, namun kali ini saya tak bisa mengontrol tubuh saya yang gontai. Saya nggak mesan minuman atau apa, namun ada penjaga yang ‘cantik dan baik hatinya’ memberikan segelah teh hangat. Karena mungkin menurutnya saya seperti zombie, pucat, dan seseorang yang memegang pergelangan tangan saya bilang “ini nadinya hampir nggak ada, cepat cari ambulance”.

Suara itu adalah yang terakhir saya dengar, dan tiba-tiba, saya telah siuman di sebuah klinik di Batang.

alergi dingin pingsan

Dua orang yang mengantarkan saya ke klinik, salah satunya adalah kondektur bus Safari. Saya sangat senang, ternyata bus sangat tanggung jawab dengan penumpangnya. Bahkan ia menawarkan akan menunggu jika ingin melanjutkan. Tentu saja, saya memintanya untuk meninggalkan saya, kasihan penumpang lain, disamping itu, alergi dingin tidak memungkinkan saya untuk ikut bus, malam itu pukul 3 dini hari.

Setelah diperiksa dokter

Dokter mengatakan bahwa disamping saya alergi dingin, saya terlalu kecapean. Hasil lab tertulis bahwa leukosit (sel darah putih) terlalu tinggi: 18.000, normalnya adalah 4.000-10.500 sel/mm³, jadi sel darah putih yang sedang ‘berperang’ sebagai sistem imun tubuh sangat menguras energi saya, kira-kira demikian.

Perawat bertanya siapa keluarga atau kerabat terdekat yang bisa dihubungi, karena saya benar-benar sendiri dan memilih untuk rawat inap. Tapi justru saya bilang padanya; “mboten usah bu, ben kulo mawong sing ngurus, saya udah biasa seperti ini” beuh….

“ooo, ya udah nek ngoten. Mas (sebut saja Mamad) mau saya bikinkan surat izin kerja karena sakit” kata Suster.

“mboten usah, saya freelance” tutup saya.

biaya rumah sakit klinik

Selesai.

Saran

Untuk menghindari hal seperti diatas jika Anda juga memiliki riwayat alergi dingin.

  1. Istirahat cukup.
  2. Olah raga teratur.
  3. Bawa perlengkapan yang hangat, seperti jaket, kaus kaki, selimut juga boleh.
  4. Isi perut dengan nutrisi, pola makan teratur, jangan seperti saya yang makan sembarangan.
  5. Isi dompet yang penuh juga membuat hati tenang, hehe.
  6. Selalu berdo’a kemanapun berada.

Salam sehat. (mmd/mediamuda.com)