Memilih Deck Skateboard yang bagus

Deck skateboard memainkan peran besar dalam trik terutama ollie. Untuk berjalan saja juga akan terasa dek yang bagus atau kurang berkualitas, belum lagi berapa lama bagian ini akan bertahan. Ditinjau ke jenis fitur, ukuran, dan konstruksi secara teknis harus kamu pertimbangkan saat membeli atau merakit sendiri.

Berbagai ukuran deck skateboard

Lebar:

Lebar sebagian besar antara 7,5″ dan 8,75″. Untuk memilih ukuran terbaik untuk kamu, sesuaikan dengan tubuh dan jenis skating yang paling sering dilakukan. Jika kamu menjadi vert riding, misalnya di skatepark atau skatepool, papan yang lebih lebar akan lebih baik.

Hal yang sama berlaku untuk skater yang lebih besar, membutuhkan lebih banyak ruang untuk kaki mereka dan area permukaan yang lebih besar untuk melawan pusat gravitasi mereka yang lebih tinggi.

Sementara, dek skateboard yang sempit membuat trik seperti kickflips jauh lebih mudah, jadi jika sebagai street skaters, pilihlah papan yang lebih kecil.

Panjang:

Panjang dek skate diukur dari moncong sampai ekor, sekitar 28″ dan 32″.

Semakin pendek papan, semakin sempit kemungkinannya. Sebaliknya, papan yang lebih panjang cenderung lebih lebar.

Oleh karena itu, hampir sama dengan poin sebelumnya: papan yang lebih kecil bekerja lebih baik untuk trik jalanan teknis, sementara papan yang lebih besar lebih sesuai untuk penunggang vert.

Sumbu roda:

Jarak sumbu roda (Wheelbase) adalah jarak antara dua pasang lubang pemasangan yang dibor ke dalam dek untuk truk.

Biasanya sekitar 13″ sampai 15″, dengan jarak yang diinginkan ditentukan baik oleh tinggi pengendara dan preferensi pribadi. Orang yang lebih tinggi kemungkinan akan lebih nyaman dengan jarak sumbu roda yang lebih lebar, yang memungkinkan mereka lebih leluasa saat bermain skating.

Ujung depan

Bagian ujung depan (Nose) adalah cenderung lebih tebal dan sedikit lebih panjang dari pada ujung belakang.

Ujung belakang
Kebalikannya, ujung belakang (Nail=ekor) cenderung lebih tipis dan sedikit lebih pendek dari nose.

Lekukan

Sisi papan antara hidung dan ekor melengkung ke atas, membuat pengguna lebih banyak kendali dan menguatkan flex untuk menambah daya tahan. Seberapa cekung yang sesuai untuk kamu paling baik ditentukan melalui trial and error.

Konstruksi dan bahan deck skateboard

Kebanyakan skateboard dibuat menggunakan lembaran berlapis – atau veneer – yang popular dari kayu maple Amerika Utara, kayu yang tahan lama dan agak fleksibel.

Biasanya, deck skateboard dibuat menggunakan konstruksi 7 lapis, di mana tujuh veneer berlapis satu sama lain, namun ada beberapa perusahaan yang menawarkan lapisan lebih sedikit atau lebih besar untuk menyesuaikan berat badan atau menambah kekuatan.

Tips: Tentukan apa yang akan kamu beli. Jika kamu menginginkan deck skateboard yang bagus dengan biaya yang lebih murah, sebaiknya membeli dengan cara custom atau terpisah dari bagian lainnya, seperti roda, truck, dll.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *