4 Efek Buruk Mengunyah Permen Karet

efek buruk permen karet

Temanpintar.com – Permen karet merupakan sebuah makanan yang digemari oleh anak-anak dan remaja. Bahkan permen karet sering disajikan sebagai cemilan, atau sebagai pengganti fungsi sikat gigi.

Akan tetapi, ada efek buruk jika kita sering kunyah permen karet, seperti mengotori tempat umum atau bahkan merugikan orang lain, jika dibuang di sembarang tempat. Seperti yang dilansir dari foxnews.com (18/5/2016), mengenai efek buruk mengunyah permenkaret.

Dapat demicu konsumsi junk food lebih banyak
Menurut ahli kesehatan mengonsumsi permen karet sebelum makan sangat tidak di anjurkan. Penelitian terbaru menemukan bahwa permen karetcenderung membuat seseorang akan mengkonsumsi makanan junk food lebih banyak.

Dapat memicu TMJ atau gangguan sendi
TMJ kepanjangan dari Temporo Mandibular Joint disorder, yaitu nyeri yang terjadi pada rahang bawah yang disebabkan karena terlalu sering mengunyah permenkaret. Mengunyah permen karet secara berlebihan dapat menyebabkan peyakit ini.

Meningkatkan masalah pencernaan IBS
IBS kepanjangan dari irritable Bowel Sybdrome, ini merupakan gangguan perncernaan yang ditandai dengan gejala sakit perut, kram, dan sulit buang air besar. Jika, Anda mengalami gangguan seperti ini berarti disebabkan oleh permen karet yang Anda kunyah. Disaat Anda mengunyah permen karet, aka nada udara yang banyak tertelan dan itu bisa menyebabkan sakit perut serta mengalami kembung. Selain udara, permen karet yang mengandung pemanis buatan juga dapat menyebabkan diare.

Dapat Merusak gigi
Anda harus berhati-hati jika sering konsumsi permen karet, sebab kandunagan pemanis yang terdapat pada permen karet dapat menyebabkan kerusakan pada gigi.
Untuk itu sebaiknya Anda kurangi dan biasakan untuk tidak mengunyah permen karet. Pasti Anda sering tidak memperhatikan komposisi yang ada dalam permen karet tersebut ya kan
?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *