Gedung Dengan Bentuk Paling “Nyeleneh” di Dunia

Gimana nggak nyeleneh, sebuah universitas memiliki bentuk seperti toilet, apa yang sedang dipikirkan oleh sang arsitek?

The new building for the North China University of Water Conservancy and Electric Power in Heinan, China
The new building for the North China University of Water Conservancy and Electric Power in Heinan, China

Sebenarnya, pembuatan gedung dengan arsitektur aneh dilarang oleh Pemerintah China setelah publik membandingkan antara rancangan baru Bandara Beijing yang dianggap sebagai ‘anunya wanita’ dengan gedung Markas Beijing People’s Daily yang dilihat sebagai ‘anunya pria’. Benar-benar edan.

[dilansir dari Kompas] Presiden China Xi Jianping menyatakan keberatan dengan keberadaan gedung-gedung aneh dan menganggapnya tidak memiliki nilai-nilai budaya serta beberapa pejabat kota mulai terdistorsi sikapnya tentang prestasi politiknya.

Atas sikap tersebut, publik menilai bahwa pemerintah terlalu bertindak jauh dalam menangani masalah yang sejatinya bagus bagi citra China.

Larangan itu semakin tidak digubris setelah pada lima bulan silam telah terbangun sebuah gedung serupa toilet setinggi 12 lantai di Provinsi Henan.

Gedung itu dijadikan markas North China of Water Conservancy and Electric Power. Oleh karena itu, demi menyesuaikan tema dengan fungsi gedung maka tak heran desain arsitekturnya seperti toilet.

Jika diamati dari ketinggian maka bangunan ini memiliki mangkuk jelas, tadah, dan bahkan atap biru seolah air untuk toilet.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *