Inspirasi Bisnis Online: Kisah Sempat Sukses

Judulnya aneh. Harusnya kan kisah sukses. Tapi sempat sukses. Lha trus endingnya? nggak sukses? enggak juga… sukses juga. Eh, tapi kurang beruntung aja.

Mau nyari contoh yang sukses? buannyaakk. Tinggal kalian cari motivator di Youtube. Pantengin aja. Langsung setelah kalian nonton, semangat menggebu-nggebu. Tapi besoknya, mager lagi… mager lagi. Penyakit lamaa.

Sekarang, postingan ini ada 3 contoh manusia yang sempat sukses meraup receh buanyaak, tapi sekarang lagi lesu! Sebut saja Mane, Salah, dan Firmino (bukan nama asli yaa).

Mane – Website

Sebelum terjun ke dunia online, Mane adalah pemilik kafe di Semarang. Bukan karena bangkrut, tapi sadar aja bahwa kafe yang pernah dijalaninya kurang berkah, menurut dia.

Sekitar 2 tahun membuka kafe. Modal terhitung besar. Berada di jalur perkotaan 24 jam. Perkembangan sangat bagus, cepat kaya. Namun Mane akhirnya menutup dan menjual ruko yang dibanderol miliaran – tapi belum laku (ga tahu deh kalau sekarang). Alasannya, setelah memiliki istri yang solehah, ia sadar banyak praktek-praktek hiburan yang dilarang agama.

Dari modal yang ada saat itu, ia memilih terjun ke dunia online. Bermain website, ternak website. Berbagai macam tema.

Dari puluhan website yang dikembangkan mulai 2015, modal lebih dari 100jt. Sudah balik modal pada tahun pertama, bahkan di tahun ke-2 sudah untung berlipat-lipat.

Saat itu, dunia berasa dalam genggaman. Beuuhh.

Anak minta mainan yang puluhan ribu harganya, dikasih yang 10 juta.

Tiap nongkrong ke tempat saya, selalu langsung nyari warung. Jajan cemilan dan rokok, semua orang yang ada di tongkrongan dapat 1 bungkus semua. Mantab.

Emang, si Mane ini orangnya dari dulu loyal sekali sama teman. Memang sih dari dulu sudah terlanjur kaya. Dan saat itu memang benar-benar sedang kaya.

Algoritma… adalah sebuah mimpi buruk. Memasuki tahun 2017, mulai berasa mengalami penurunan drastis. Dari yang tadinya dapat pemasukan dari iklan, paling tidak sebulan dapat 60juta, saat itu terjun bebeas ke angka 15juta per-bulan.

Kelihatannya sih gede, tapi buat biaya server, maintenance, dan team, hampir habis 10juta. Bersih hanya 5juta saja.

Pertengahan tahun 2017, makin parah. Dari banyaknya situs, terkumpul sangat minim. Bahkan tak tega untuk disebutkan jumlahnya, saking prihatinnya.

Memasuki 2018, makin pusing. Sudah diupayakan pengembangan, optimalisasi dan segala upaya telah dikerahkan. Namun apa daya, tidak ada kenaikan signifikan.

Algoritma search engine google selalu berubah-ubah, dan itu susah ditebak. 2018-2019 banyak situs terbengkalai. Masih ada sih pemasukan, tapi yaa… ahh tipis banget.

Tahun 2019, ia mengatakan “wah susah bro, sekarang lihat mainan anak seharga 10jt jadi kelihatan mahal banget, agak nyesel sih. Tapi, ya sudahlah. Hahaha”

Apakah frustasi? Nggak, tetap selow.

Kami diskusi bahwa nggak selamanya kita akan aman. Kadang diatas kadang dibawah. Kalau masih bisa dimaksimalkan, ya dicoba. Kalau nggak bisa juga, alternatif lain masih banyak.

Mane mencoba peruntungan lain. Ia membuka semacam warung pupuk untuk petani.

Justru dari situ, ia menggali terus pengembangan pertanian modern.

Baru-baru ini nama Mane mulai melambung karena mengaplikasikan banyak hal baru untuk pertanian. Tak pernah terpikirkan sebelumnya. Dan itu menolong para petani di area sekitar.

Salah – Youtube Kids

Tahun 2015, Salah memiliki anak yang lucu dan aktif. Salah adalah orang perantauan. Saat kangen dengan orang tuanya, ia melakukan video call.

Nah, karena anak Mane yang menggemaskan, Salah baru menyadari kalau anaknya punya bakat jadi artis cilik.

Tak lama berselang, upload di Youtube. 1-5 video pertama tidak ada penonton yang signifikan. 6-12 berikutnya mulai ada penonton, walaupun nggak banyak. Dalam satu tahun, dimana telah terupload sekitar 50 video, hanya mendapatkan 100 dollar.

Walaupun tak seberapa, penghasilan tersebut menjadi pemacu untuk upload rutin. Hampir 2-3 video dalam satu minggu.

Memasuki tahun 2017, telah mencapai 100 video. Wow, naik nya sangat bagus. Otomatis penghasilan naik dong.

Tahun 2018, full upload hampir tiap hari. Sekitar 300 video lebih dan akhirnya dapat juga Silver Play Button.

Tentu saja, Salah juga mentraktir admin Mediamuda.com untuk kesuksesan pencapaian 100rb subscribers!

Setahun kemudian, adalah tahun ke-emasan! Lebaran idul fitri 2019 menjadi momen yang sangat membahagiakan. Sebelumnya hanya bisa naik angkutan umum atau nebeng sodara. Tapi karena pemasukan yang oke banget kebeli juga mobil yang nyaman, cash!

Admin tanya ke Salah “berapa tahun ngumpulin dana buat beli mobil itu?”

“Gajian bulan ini?”

WHHHATTTTT??????

Ternyata dalam sebulan sudah tembus 100 juta rupiah.

Ya, channelnya sudah mendapatkan ratusan juta viewers dan subscribernya juga sudah tembus 1juta. Yup Gold Play Button.

Habis buat mudik, mobilnya ganti lagi yang lebih nyaman, upgrade.

“Lha, baru beli bulan kemarin sudah ganti lagi?” tanya admin.

“yang kemarin terlalu buru-buru, soalnya mau nganter ngaji anak pakai motor hujan, ya udah beli aja mobil itu dulu.” kata Salah.

Kamperet, beli mobil kayak beli kacang saja.

Tapi!!!!!!!!!!!! itu nggak bertahan lama.

Tiba-tiba saja sebuah berita bahwa Google harus membayar denda sebanyak $170.000.000 (2 triliun lebih) terkait perlindungan anak pada September 2019. Secara detail, silakan baca https://www.ftc.gov/news-events/press-releases/2019/09/google-youtube-will-pay-record-170-million-alleged-violations

Dari kejadian tersebut, semua channel yang melibatkan anak-anak, baik itu youtubernya atau video yang ditujukan untuk pemirsa anak dibawah umur kena dampaknya.

Berlaku efektif mulai tahun 2020, iklan tidak akan tayang di Youtube dengan kategori anak-anak.

Yup! rasanya seperti di-sleding tackle. Salah terjatuh dan kembali ke penghasilan yang rata-rata saja sebagai dosen swasta.

Kabar terahir, Salah sedang mengembangkan konten barunya untuk channel yang umum, maksudnya bukan yang anak-anak.

Untungnya, Salah bukanlah orang yang suka foya-foya. Dari penghasilan Youtube yang kemarin, sudah diinverstasikan untuk biaya sekolah anaknya, menyumbang sana-sini, dan membiayai Ibunya untuk berangkat naik haji. Dan hanya sedikit modal yang tersisa untuk beli peralatan untuk project kedepannya lagi.

Oh ya, Salah juga sempat bantu membiayai situs Mediamuda.com ini untuk perpanjang server, hihihi. Tengkyu Salah.

Dan situs ini masih butuh penulis, mau daftar silakan, mumpung duitnya masih ada (saat ditulis).

Firmino – Trading

Firmino adalah seorang pegawai bank. Saat dirumah, dia mencari uang tambahan melalui trading.

Dia paham betul bagaimana cara kerja saham, trading, investasi, reksadana, bursa efek, dan segala macam jenis bisnis seperti itu.

Kadang mencuri-curi waktu saat bekerja di Bank.

“Sebenarnya sih kurang bagus ya, pas jam kerja kita melakukan pekerjaan lainnya.” kata Firmino kepada Admin. “Tapi gimana ya bro, lagi mantab-mantabnya ini..”

Dia ngasih tahu banyak hal tentang bisnis trading, memang sangat beresiko, namun jika tahu selahnya, dapat banyak.

Dia selalu mantau pergerakan kurva di monitornya yang ada 3 dalam kamar.

Hoki terbesarnya saat itu adalah ketika Bolt ditutup pada akhir 2018.

Dia dapat feel bagus, tak banyak orang memikirkan hal yang sama.

Dia menanam saham banyak di First Media, dengan moment yang tepat dan dengan angka yang cukup gila.

Dan benar juga, naik berlipat-lipat. Admin ga tahu detailnya seperti apa. Tapi itu yang terjadi.

Awal tahun 2019, Firmino resign dari tempat kerja sebagai pegawai bank. Dia mengembangkan lagi usahanya sambil maen saham.

“kita sekarang bebas bang” kata Firmino “Alhamdulillah juga, baru lahiran anak pertama”

Wah, betapa bahagianya.

Tapi pertengahan tahun 2019, usahanya mulai goyah. Feelingnya tak segokil yang dulu. Pusing juga.

Saat ini, jarang nongol si Firmino. Padahal, paling tidak seminggu sekali mampir ke toko saya, kami juga ada kerjasama bisnis di bidang yang sama.

Tapi wait, nih orangnya baru nyetatus wa. Kepoin dulu… nanti saya tanya lagi kabar Firmino sekarang.

Kesimpulan

Selama orang masih hidup, tidak ada yang namanya kepastian. Kadang luck, kadang unlucky. Kita hanya bisa berupaya dan berdo’a, yang memberikan segalanya adalah Allah SWT.

Kalau lagi ok, ingat saat lagi bokek atau simpan dana cadangan buat antisipasi kedepan yang masih misteri.

Kalau lagi bokek, derita lu.

Eh, just kidding, tetap semangat gaes…

Semoga artikel yang ala kadarnya tentang inspirasi bisnis online – tentang kisah sempat sukses ini bermanfaat. Kalau bisa sih, sukses selalu.

Oh ya, satu lagi – sukses juga bukan hanya diukur dari materi. Tapi banyak hal yang bisa menjadi tolak ukur kesuksesan seseorang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *