Kasir, Sebuah Profesi yang Terancam Punah

Nasib kasir akan tersingkirkan, 20-30 tahun lagi, AI sudah cukup adaptatif dengan “kebiasaan” manusia sehingga pekerjaan generik kemungkinan akan digantikan oleh mesin. Mengutip dari CNN, Setelah pergeseran kebiasaan berbelanja dari toko fisik ke online yang diminati banyak kalangan. Kini terdapat toko ritel yang menggabungkan metode berbelanja offline dan online dengan bantuan Artifical Intelligence di dalamnya.

Saat ini saja kalau memang bener-bener cashless society bisa terwujud di Indonesia, untuk toko-toko dengan tingkat prestige yang rendah (tidak membutuhkan sentuhan pelayanan yang tinggi) semuanya dari informasi produk hingga pembayaran bisa tinggal scan aja. Teknologi selalu merubah bagaimana proses ekonomi berjalan´╗┐.

Teknologi memang bagus, tapi lebih bijak jika menggunakan sistem karyawan saja. Karena penduduk Indonesia juga masih banyak yang menganggur dan mencari kerja. Kalau pakai sistem full teknologi, semua para karyawan kasian juga yaa, mereka akan kena PHK. Teknologi kasir otomatis mungkin lebih cocok untuk di terapkan di negara yang punya sedikit populasi seperti Singapura´╗┐ misalnya.

(Visited 19 times, 2 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *