Samsung semakin menanjak penjualannya di kawasan asia, bahkan dunia. Kesuksesan smartphone android Samsung tak lepas dari gerak cepatnya pada pemasaran Samsung Galaxy Mini yang hadir pada tahun 2011 silam.

Merk perusahaan asal korea selatan tumbuh begitu cepat. Jika dulunya handphone dikuasai oleh vendor terkenal seperti nokia dan motorola, kini Samsung berada di atas angin. Padahal sebelumnya perusahaan ini hanya terkenal dengan alat elekronik seperti televisi, kulkas, dan mesin cuci.

Sementara SONY adalah vendor tangguh asal Jepang. Dulu perusahaan ini bergabung bersama vendor Swedia, Sony Ericsson dan telah membuat banyak tipe handphone. Akan tetapi, Sony akhirnya secara mandiri menciptakan smarphone dengan os android dengan naman Sony Xperia.

Samsung dengan Galaxy nya dan Sony dengan Xperia nya adalah faforit konsumen yang ada di Indonesia. Sebagian orang berpendapat Samsung lebih baik dari Sony, ada juga yang bilang Sony lebih bagus dari Samsung. Tidak ada salahnya beropini.

Btw, soal opini saya juga punya. Berikut ini adalah ulasan mengenai kualitas hp android merk Samsung vs Sony. Sekali lagi saya tekankan, ini hanya OPINI atau PENDAPAT saja tanpa ada niat untuk melakukan black campaign atau sejenisnya, emangnya lagi musim pemilu.

samsung vs sony

Kelebihan Samsung Galaxyย  ( tested : Galaxy Mini, Jade (mini 2), Young, V, Galaxy Core I dan II, Galaxy SIII, Galaxy S4 ) dibandingkan Sony Xperia (Xperia E, C, L, M2, Z) beberapa milik sendiri, sebagian punya teman yang suka pamer dan suka mbanding-mbandingin ponsel samsung vs sony, dan akhirnya bisa saya pinjem.

1. Mempunyai pegangan / grip yang nyaman. Sementara pada Sony Experia sedikit kurang nyaman

2. Layar Samsung Galaxy lebih nyaman dimata, lebih adem.

3. Dengan budget yang sama, Samsung lebih terjangkau untuk mendapatkan spesifikasi seperti processor, ram, dlsb lebih tinggi. Sementara untuk Xperia butuh dana yang tak sedikit.

4. Menurut pengalaman teman, ketika ada kerusakan, Customer Service Samsung lebih baik daripada Sony. Entah apa alasannya, saya juga tidak tahu.

5. Harga jual kembali atau seken, Samsung lebih stabil dan punya purna jual tinggi. Sedangkan Sony masih goyang, namun tak separah hp lokal atau cina.

6. Konsumsi daya dan ketahanan baterai lebih bagus di Samsung.

7. Sensor, saya acungin jempol untuk hampir semua tipe di Samsung Galaxy.

8. sedang berpikir…………………………..

 

Kekurangan Samsung Galaxy dibandingkan Sony Xperia

1. Samsung Galaxy rata-rata mempunyai speaker yang kecil, tidak seperti Sony yang lebih besar, bahkan kualitas audionya menang di Sony Xperia.

2. Biarpun layar samsung lebih adem, akan tetapi screen Sony Xperia lebih ‘wah’, dari dulu Sony memang terkenal dengan multimedianya.

3. Lagi-lagi di Multimedia, Camera yang terpasang pada smarphone Xperia lebih jernih. Meskipun sama-sama mengusung 5 mp atau 8 mp, bahkan 12 mp, tetap saja Samsung Galaxy kurang greget.

4. Kalau dipegang kurang nyaman, akan tetapi Sony Xperia mempunyai style modern dan trendy. Tidak seperti Galaxy yang modelnya bisa dibilang masih kaku, kurang kekinian, bleh bleh bleh dahhh…

5. Meskipun sama-sama menggunakan spek yang sama, dalam bermain game pengguna lebih bisa menikmati permainannya dengan Xperia. Sementara banyak keluhan ketika memainkan game di Galaxy.

6. Tidak semua tipe pada Samsung Galaxy memiliki fitur selengkap smartphone sony xperia.

7. Namanya juga Android, ketika bermain berat atau browsing dengan kecepatan tinggi, pasti panas. Namun disini terlihat keunggulan Sony Xperia dimana kondisinya masih hangat-hangat sehangat kasih sayang. Sedangkan panasnya samsung bagaikan panas bara api membakar kulitku…. seerrrrr…..

8. sedang berpikir…………………………………………………………

Untuk smartphone versi high-end dengan harga 5 juta keatas, seperti Samsung Galaxy S4 zoom, S5, S6, E5, E6, E7 yang baru atau Sony Xperia Z, Z1, Z2, Z3, Zzzzzzzzzzzzzzzzzz rasanya tak ada kendala yang berarti, sudah jelas ada harga ada rupa. Tak perlu review disini, apalagi saya jarang beli hape mahal, ooops. Maklum gan, daripada beli smartphone yang mahal-mahal, ane lebih milih buat beli beras aja.

Kalau kepengen liat Z5, baca disini :ย Kapan Anda Perlu Smartphone Premium?

Kalau ada yang salah tentan perbandingan samsung vs sony, mohon koreksi. Apabila bermanfaat untuk pembaca, syukurlah, saya sangat senang. Kalau tidak suka, jangan lempar kulit pisang ya…, kalau ada lempar kacang saja. piss gaiss ๐Ÿ˜€

Perbandingan merk lain:ย Pilih Mana Smartphone Xiaomi atau Asus Zenfone?

Sebagai penutup, hal yang perlu diingat, smarphone Android dari merek apppppa saja, adalah masih tergolong alat elektronik yang sifatnya bisa rusak kapan saja. So, keep hanging on! opo artine? mbuh!