Kumbang Raksasa dari Amazon

ttns

Temanpintar.com – Kumbang raksasa inilah julukan yang palingpas untuk kumbang dari hutan Amazon. Nama latinnya Titanus giganteus. Jenis ini termasuk kumbang yang bertanduk panjang yang habitatnya berada di kawasan hutan Amazon.

Kumbang Titan dewasa panjangnya bisa mencapai 16,5 cm atau 21,5 cm termasuk sungutnya. Menurut kabar yang ada kumbang ini konon bisa mematahkan pensil dengan rahangnya. Wih ngerii…ngeri….
Serangga ini termasuk jenis nogturnal atau biasa aktif di malam hari, kumbang terbang pada malam hari untuk mencari pasangan bukan untuk mencari makan untuk yang jenis dewasa.
Serangga ini tertarik dengan cahaya yang terang. Karenanya, orang-orang dengan mudah menangkap dengan perangkap cahaya. Kumbang yang tertangkap akan di awetkan dan di jual untuk dijadikan souvenir.

Kumbang ini juga mengalami metamorphosis, dari mulai fase telur-larva-dewasa. Untuk mencari larva kumbang Titan ini sangat sulit. Diperkirakan hidupnya berada di batang pohon besar yang membusuk.

Meskipun untuk ukaran tubuhnya yang gede, rahangnya yang besar, dan berduri tajam kumbang Titan tidak berbahaya bagi manusia. Di saat terancam kumbang titan akan mengeluarkan suara yang keras dan memasang muka yang garang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *