Manfaatkan Insomnia Untuk Menciptakan Sebuah Karya

Insomnia, banyak dikeluhkan para muda-mudi di tanah air. Admin yakin, hampir sebagian besar yang baca tulisan ini, selalu melihat gadget sebelum tidur, entah browsing, update status atau stalking mantan yang berubah menjadi lebih cantik / ganteng, hahaha. Dan itu membuat kalian jadi susah tidur.

Tapi, jagan salah. Penyakit insomnia tidak selamanya menyebalkan, justru jika kamu bisa memanfaatkannya dengan baik, maka kamu akan rela keluar dari pekerjaan karena bisa hidup dengan menciptakan sebuah karya. Seperti apa yang dilakukan oleh Adam Young.

Semoga kamu tahu siapa dia karena sering banget kamu denger lagu, misalnya Fireflies, Vanilla Twilight, Good Time, atau yang paling baru Verge. Yup, sebuah frontal-project yang diberi nama “Owl City” oleh Adam Young dimulai justru saat ia sedang begadang di malam hari karena Insomnia.

gudang-pabrik-coca-cola

Tahun 2007, Adam Young adalah buruh pabrik / gudang sebuah perusahaan minuman soda Coca-Cola di dekat rumahnya di selatan Minnesota. Saat memuat krat ke truk, terngiang di kepalanya sebuah melodi dan itu tidak bisa membuatnya tidur di malam hari.

“Setelah bekerja saya secepatnya kembali ke rumah, bahkan tidak makan atau mandi, dan hanya kembali ke komputer karena takut kehilangan apa pun inspirasi yang aku dapatkan,” kata Young.

Di ruang bawah tanah rumah orang tua, Young menyebutnya dengan nama “Owl City”. Saat itu (2009) memposting sebuah lagu elektro-pop di MySpace dan iTunes. Tak disangka, dalam waktu seminggu telah terjual 2.000 lagu seminggu – cukup baik untuk diketahui.

Judul lagu “Fireflies” telah mencapai No 1 dua kali pada Billboard dan telah diunduh 1,4 juta kali, dan Young diundang bersama John Mayer dan Taylor Swift untuk Z100 Jingle Ball, konser remaja Screamathon tahunan di Madison Square Park pada 11 Desember 2009 dan ia telah pindah dari ruang bawah tanah orang tuanya.

Dalam proses perjalanan pria berusia 30 tahun ini menggambarkan dirinya sebagai “pemalu”, “bukan orang orang besar” dan “bukan pembicara terbaik” – telah menjadi ilustrasi buku teks bagaimana bisnis musik membutuhkan bentuk-bentuk baru dan media untuk membuat seorang seniman menjadi bintang. Ruang gema bawah tanah dan Web / sosial media telah menjadi sangat diperlukan untuk mengembangkan gebrakan awal, tetapi untuk menjangkau khalayak yang besar, tidak ada yang lebih kuat daripada label mayor, radio dan promosi ritel.

“Memiliki viral, penemuan akar rumput online adalah cara yang paling ampuh untuk mengekspos konsumen untuk merek Anda,” kata manajer Steve Bursky. “Tapi tanpa radio yang signifikan, Anda hanya tidak bisa menjual lebih dari 100.000 copy.”

Young memasuki Universal Republic Records untuk mendiskusikan tentang cara-cara bisnis musik. Pria yang sering disebut mirip dengan bintang lapangan hijau Lionel Messi ini saat itu sangat polos.

“Ini adalah pertemuan yang paling aneh yang pernah saya punya,” kata staf Uiversal Republic Records Mr Lipman. “Aku benar-benar harus membahas dan menjelaskan catatan Bisnis 101. Saya harus menjelaskan kepadanya apa itu perusahaan rekaman, perlunya seorang pengacara, manajer, agen pemesanan. Itu benar-benar agak sulit. ”

Pertama kali Owl City bermain di Bowery Ballroom, New York berkapasitas 575 orang pada Mei 2009, buzz cukup kuat, tapi acara tidak menjual; pada saat ia kembali pada bulan September, di klub yang sama, ada garis di sekitar blok, dan Taylor Swift muncul.

 

Kritikus dan blogger telah hampir bulat dalam membandingkan suara Owl City dengan Postal Service dan Death Cab for Cutie. Ketika ditanya tentang kesamaan, Young mengatakan Postal Service bukanlah model yang sama dengan musiknya, namun ia anggap perbandingan suatu kehormatan.

Young mengatakan, hal yang paling aneh tentang ketenaran hanyalah semua teman-teman baru yang telah keluar dan kembali ke rumah.

“Aku mengingat orang-orang yang menyenangkan saat SMA untuk nongkrong dan jalan-jalan ke Applebee” katanya. “Saya senang untuk melakukannya.”

owl-city-buruh-pabrik

Saat ini Adam Young memiliki nilai kekayaan bersih US$ 5 juta atau Rp 65 miliar. Berikut adalah daftar penghasilan Owl City.

data-kekayaan-owl-city

Well, semoga mantan buruh Cola-Cola bernama Adam Young ini bisa menjadi inspirasi buat kita.

Follow your passion guys!

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *