Mengapa Android Perlu Update Firmware?

Salah satu hal yang paling diminati pengguna Android adalah apakah handset mereka akan menerima update, apakah Anda memiliki Galaxy S7, OnePlus 2, LG G4, Xiaomi, atau Asus dari berbagai seri. Pada perangkat Apple iOS, hanya ada sedikit perangkat yang berada di bawah kendali Apple, pembaruan secara rutin diluncurkan di semua perangkat sekaligus. Dengan Android, dibutuhkan waktu lama untuk memulai peluncuran dan bahkan saat itu, tidak ada jaminan perangkat Anda akan melihat pembaruannya, atau mungkin ada masalah yang terkait dengan pembaruan itu sendiri. Biasanya ada dua cara untuk memperbarui perangkat Anda: over the air (OTA) atau pembaruan manual, yang sedikit lebih rumit.

Advertisement

Biasanya pembaruan perangkat lunak diluncurkan ke perangkat kita secara otomatis, secara OTA (over the air). Anda akan menerima pemberitahuan yang akan memberitahukan bahwa pembaruan siap dipasang dan yang perlu Anda lakukan hanyalah klik untuk memulai. Jika Anda secara tidak sengaja menghapus notifikasi tersebut, Anda dapat memeriksa secara manual jika ada pembaruan OTA yang tersedia dengan menuju ke About / Tentang > Pembaruan Sistem > Periksa Pembaruan. Terminologi yang tepat ini akan bervariasi tergantung pada jenis perangkat yang Anda miliki, namun harus berada pada area umum yang sama.

Yang menjadi pertanyaan adalah, mengapa Android perlu update firmware?

Jawabannya adalah; Sistem operasi ponsel Android mendapat update sistem secara berkala, dan pembaruan ini didorong ke pengguna. Firmware berada pada tingkat sistem yang lebih dalam dari pada pembaruan perangkat lunak biasa (aplikasi) dan dirancang untuk mengendalikan perangkat keras (hardware).

Pembaruan firmware pada telepon Anda memerlukan izin, waktu, dan restart. Sebaiknya saat melakukan update pastikan baterai telah penuh, atau kondisi plugged-in charge, sehingga kemungkinan Anda tidak kehabisan baterai saat upgrade dan berpotensi merusak telepon Anda.

Google secara berkala mendorong upgrade ke firmware di ponsel Android Anda. Biasanya ini dilakukan secara OTA. Pembaruan firmware perlu kompatibel secara khusus dengan perangkat keras di ponsel Anda daripada aplikasi, yang bekerja dengan beragam perangkat. Terkadang sulit untuk bersabar, jadi begitulah cara Anda dapat memeriksa apakah pembaruan Anda tersedia sekarang.

Advertisement

Intinya adalah, firmware bertujuan untuk memaksimalkan kinerja smartphone Android dengan menyesuaikan software / aplikasi dengan hardware perangkat Anda. Jika ada notifikasi pembaruan firmware, segeralah lakukan update.

Info Terkait

Advertisement

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *