Metallica jiplak lagu orang, what?

Band metal mana yang paling mudah untuk disebut dan diingat? kebanyakan orang akan menjawab METALLICA!!!

Wajar bila banyak orang mencoba untuk meniru musik yang dimainkan oleh Metallica, bahkan band yang juga popular di dunia saat ini Avenged Sevenfold mengakui mereka terinspirasi dari band trash metal asal California itu. Namun apa jadinya jika band yang beranggotakan James Hetfield, Lars Ulrich, Kirk Hammett dan Robert Trujillo jiplak lagu orang, what? apa yang sebenarnya terjadi?

Dari laman Exclaim, Metallica dilaporkan telah mendapat surat gugatan Cease And Desist (dokumen yang berisikan aktifitas ilegal) berkaitan dengan plagiarism.

Pihak pelapor menemukan kemiripan pada salah satu lagu terbaru Metallica “Moth Into Flame” single kedua dari album Hardwired… To Self-Destruct dengan lagu berjudul “Hunger For Power” milik band metal Incubus (yang selanjutnya ganti nama menjadi Opprobrium)

*note: bukan alternatif rock band Incubus yang divokali Brandon Boyd yang itu lho ya guys… sama nama beda band.

Jika kamu penasaran seperti apa kedua lagu diatas, silakan cek sendiri.

Metallica – Moth Into Flame

 

Incubus / Opprobrium – Hunger of Power

Dari dokumen yang diperoleh Exclaim, label rekaman Brutal Record dan penerbit Risky Music, yang terlibat dalam pelepasan album Incubus A.K.A. Opprobrium  “Serpent Temptation” 1988, mengatakan bahwa mereka telah mengirim pengacara untuk melawan Metallica pada tanggal 27 Maret 2017.

Surat itu menunjukkan klaim, tegas, yang mereka yakin bahwa Metallica telah menyalin ide musik mereka.

Incubus A.K.A Opprobrium jadul

 

Dalam sebuah pernyataan,

“It has been brought to my attention, that you have made unauthorized use of my copyrighted work which is titled ‘Hunger For Power.’ Your work titled ‘Moth Into Flame’ is fundamentally a close duplication of my work filed under the copyright of SR-130-298.”

Kira-kira terjemahannya begini:  Ini menarik perhatian saya, bahwa kamu telah melakukan penggunaan yang tidak sah dari karya berhak cipta saya yang berjudul ‘Hunger For Power.’ karya kamu berjudul ‘Moth Into Flame’ pada dasarnya merupakan suatu duplikasi karya saya yang tertera pada hak cipta SR-130-298.”

Lantas bagaimana tanggapan Metallica sendiri atas tuduhan jiplak lagu?

Uncorfirmed, tunggu updatenya guys!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *