Darimana datangnya, admin tidak tahu. Tapi admin telah menemukan binatang yang ukurannya kecil, kaki banyak, dan panjangnya sekitar 15 cm, serta ketika dilukai, binatang ini dapat mengeluarkan cahaya berwarna hijau menyala. Orang Jawa menyebut hewan ini Reno, dan banyak mitos yang beredar kalau binatang menggelikan ini bisa memasuki telinga manusia, benarkah begitu?

Berikut ini adalah penampakah hewan reno :

hewan reno

Kami mengambil gambar ketika reno sedang berjalan diatas pintu, dan tak lama kemudian ia masuk ke celah yang sangat kecil, yup, kami kehilangan jejak!

Sekilas terlihat seperti cacing jika dilihat dari jauh. Namun jika diperhatikan lagi lebih detail, ternyata pada kepala reno mirip sekali dengan kelabang atau lipan yang memiliki ‘sepasang antena’ di kepala dan bentuk tubuhnya ‘ceper’ dan memiliki kaki yang banyak seperti hewan ‘kaki seribu’

Admin mencoba mencari tahu tentang reno, dan informasi yang kami dapatkan sangat minim. Bebrapa referensi kami cantumkan disini.

Dengan melihat struktur atau bentuk tubuhnya, hewan ini dikategorikan sebagai hewan tak bertulang belakang yang termasuk dalam filum Anthropoda, subfilum Myriapoda. Myriapoda tidak memiliki bagian dada, hanya terdiri atas kepala dan badan.

Pada kepala terdapat sepasang mata tunggal, sepasang alat peraba besar, dan sepasang alat peraba kecil yang beruas-ruas. Setiap ruas badan belakang terdapat kaki berpasangan. Pada keluwing, setiap ruas badan terdapat dua pasang kaki yang dikenal dengan “kaki seribu”. Sedangkan pada kelabang terdapat sepasang kaki. Myriapoda melakukan respirasinya menggunakan saluran trakea yang bermuara pada lubang-lubang kecil (stigma), letaknya pada dinding ruasruas tubuh. Lubang tersebut disebut spirakel. Sistem peredaran darahnya terbuka dan letak jantung pada bagian punggung.

-Wikipedia

Mengenai mitos dapatkan reno masuk ke lubang telinga manusia? jawabannya ‘masih misterius’

Apakah dapat menggingit manusia? belum ada korban yang lapor, namun jika menggerayangi, sering sekali. Ngeri-ngeri-geli 😀

dari kejauhan

Dimana tempat tinggalnya? kami belum pernah mendengar hewan ini dari tempat lain, hanya ada di Pulau Jawa. Orang sunda menyebut juga hewan ini dengan nama Lenyai (Leunyai) atau di Jawa Timur menyebutnya Lena. Menurut bapak-bapak yang lagi main catur bilang “biasanya muncul kalau ditempat yang lembab, kotor, ruangan kurang bersih”

ekor reno
bagian ekor

Kami bukanlah pakar, hanya rasa penasaran tentang hewan ini. Mengingat sedikit sekali informasi tentang hewan reno ini. Mungkin bagi pembaca yang lebih memiliki pengetahuan lebih, tolong informasikan dalam kolom komentar. Terima kasih.

 

(Visited 14.412 times, 498 visits today)

15 Balas ke “Orang Jawa Menyebut Hewan Ini Reno”

  • ini binatang yg sering ada di rumah saya, memang rumah saya berlantai kayu tp rajin dibersihkan. leunyai ini seringkali bersarang malah di tumpukan pakaian. anehnya, setiap saya Eksekusi 1 ekor, maka tak lama akan ada 2-3 ekor lainnya yg menampakkan diri di hari yg sama. ini sdh beberapa kali trjadi, sy sendiri penasaran bgmn cara hidup dan cara membasmi binatang ini. takut kena anak saya soalnya. sementara skrg cuma dgn semprotan serangga yg bisa sy lakukan utk mncegah binatang ini muncul lagi.

  • lena ini bisa menggigit bahkan saya dan saudara saya pernah d gigit seperti tersengat serangga dan lena selalu suka d tempat yg lembab dan tidak terkena matahari kata orang tua saya hewan ini sangat berbahaya jika masuk k bagian telinga dan ada asal muasal nya ada ceritanya tentang hewan lena ini

  • Memang rada aneh kamar saya lantai keramik dan slalu disapu walaupun tdk dipel tiap hari, tp standard kamar yg bersih tp kdang binatang lena ini suka lewat dilantai entah dr mana datangnya..

  • berbagi info & Waspada aja dehh,Tetangga saya sampe meninggal kmasukan binatang itu,kejadian nya sudah cukup lama,kalau teman teman rumah nya pernah di kunjungi binatang lenyai/reno/lena pastikan lemari pakaian,Tempat tidur atau yg lain2 tidak menempel di dinding.mungkin bisa jd juga jgn di bunuh di TKP,Klo bisa bawa dulu jalan jalan ke luar rumah,Lalu simpan di tengah jalan raya,Setau saya si binatang Lenyai ini paling tidak
    suka kalo ruangan itu bersih dan wangi ,,,
    Semoga bermanfaat ya…amiin.

  • Saya juga sering melihat binatang reno ,,bahkan tadi pagi saya menemukannya dicakir minum anak saya yg lagi dipakai ,saya tidak tau dr mana dia muncul tiba” melintang dibibir cangkir untung saja saya melihatnya ,ketika anak saya mau minum,,setau saya memang berbahaya,,dan kata org tua dulu binatang itu bisa disuruh ,,org yg mau jahil ,saya klu melihatnya serem dan takut keanak”

  • Jadi kamar kita harus kotor gitu kak? Aduh gmna ini saya gabisa tidur, barusan ada ngedepluk ke kasur saya langsung saya matikan di tempat mohon sarannya lagi

  • Saya juga pernah liat lenyai, kan ceritanya saya mau tidur sekitar jam 12 malem gtu, pas saya mau bersihin kasur tau tau ada lenyai nya itu, kan saya ambil pake tangan mau saya buang keluar, pas saya lewat depan rumah yg gelap tiba tiba aja lenyai yg ada di jari tangan saya nyala terang banget warna hijau,trus ilang kya seakan masuk ke jari saya,..saat itu juga jari saya terasa kya senut senut gtu,,,,mau nanya nih mba/mas sekalian ada Efeknya ngga iia saya jd khawatir takutnya kenapa kenapa..bingung jg apa mungkin pas saya pegang lenyai bisa masuk ke kulit manusia soalnya nyala terang bngt wrna hijau pas ke tmpat gelap??

    • Hello. Same Thing happened to me on my first day in Bali. I don’t know this animal. What did you do? Did you get sick? Took medicines? I appreciate your help.

  • berbahaya ka,
    tetangga saya ada pas abis selesai sholat ada reno merayap didinding, sama dia dibunuh pake telunjuk abis itu ga cuci tangan. sama dia buat garuk garuk alis, engga lama wajah dia bengkak, matanya engga bisa buat ngeliat dan akhirnya meninggal. kata dokter gara gara racun si reno nya itu.
    sekedar info aja, kalo ngeliat binatang dan kalo mau ngebunuh jangan pake tangan kosong.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *