Pendiri Situs Ilegal Tertangkap Abis Beli Musik di iTunes

Ada yang aneh dalam kejadian penangkapan admin situs ilegal kickasstorrent. Bisa saja untuk mendapatkan lagu satu album, pendiri situs berisi konten ilegal bernama Artem Vaulin tak perlu mengeluarkan uang, tapi ia tetap membeli lagu secara resmi di iTunes. Nah, gara-gara akses ke iTunes, justru inilah malapetaka baginya. Ia ditangkap oleh kepolisian Polandia.

pendiri situs

Kok bisa sih?

Jadi gini, Jared Der-yeghiayan sebagai seorang agen DHS (Departement Homeland Security) merupakan tokoh kunci ditangkapnya Artem Vaulin. Agen rahasia dari Amerika itu mampu melacak keberadaan siapa saja yang ada di KAT. Semua alamat situs (domain) KAT dilacak. Perlu diketahui, sebagian besar pemilik situs apalagi ilegar, pasti memiliki banyak alamat website.

Mister Jared mencari tahu siapa orangnya dengan cara Reverse DNS Lookup. Cara ini bisa mengumpulkan data sejumlah ip address yang masih berkaitan dengan kat. Kalau dibilang sih, Jared nggak begitu jago-jago amat dalam menangani masalah cyber. Soalnya dengan menggunakan data Whois, semua orang bisa mengetahui menggunakan bantuan sebuah website.

Sebuah website memiliki hosting. Buat yang kurang paham, mungkin begini : website diibaratkan sebuah rumah. Rumah tentunya punya alamat, nak domain tersebut adalah nama alamat untuk rumah (namasitus.com). Sedangkan rumah sendiri perlu sebuah tanah dan bangunan beserta cat dan perabotannya, untuk itu web dibutuhkan sebuah hosting dalam menaruh konten.

Vaulin kali ini cukup ceroboh, salah satu domain kickasstorrents.biz memiliki registrasi atas nama Artem Vaulin yang beralamat di Kharkiv, Ukraina. Biasanya para penjahat menggunakan nama samaran, tapi, entahlah, dia mulai lelah.

Dengan bekal nama registrar, Jared mulai mencari data, apakah Artem Vaulin memang ada orangnya atau cuma nama boongan.

Kesalahan, atau kebetulan, Vaulin memiliki id di Apple dan membeli satu lagu di iTunes 31 Juli 2015. Data-data di Apple menunjukkan bahwa nama dan alamatnya sama dengan registrar di domain ilegal tadi. Hal ini juga diperkuat dengan IP Adress yang digunakan untuk pengelola fanspage Kat di facebook juga cocok dengan IP Adress yang digunakannya saat membeli lagu di iTunes.

Akhirnya Jared menemukan titik terang, ya, Vaulin is real people. Vaulin tak sadar telah dipantau oleh pihak kepolisian sejak pembelian tadi.

 

Seperti berita di Techcrunch, admin KickAss Torrent itu ketangkap di Polandia pada tanggal 20 Juli 2016. Semua situs punya dia akhirnya ditutup, termasuk startup yang ia kembangkan; Cryptoneat. Padahal situs-situs yang ia buat sudah ada sejak lama, tapi justru satu kesalahan sepele bisa membuatnya masuk ke penjara dan diancam dengan hukuman 20 tahun.

Konyol memang, pengelola situs ilegal ketangkap gara-gara sedang membeli konten legal. Ada-ada saja, hmm.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *