Perlu Nggak Sih Pakai Kacamata Saat Lihat Gerhana Matahari Total

Gerhana Matahari Total adalah yang spesial di tahun ini, karena sebagian besar lokasinya hanya ada di kawasan Indonesia. Wisawatan mancanegara maupun domenstik berbondong-bondong mencari spot terbaik untuk melihat moment gernaha tersebut. Namun pernahkah kalian mendengar nasehat harus pakai kacamata pelindung untuk melihatnya? dan apakah perlu atau tidak?

Kita langsung ke orang yang ahli aja guys, yakni kata Ketua Lapan, Thomas Jamaludin :

“Kacamata digunakan saat fase sebagian, walaupun sudah pakai kacamata sebaiknya jangan terlalu lama menatap gerhana,”

Fase sebagian, seperti apa sih fase tersebut?

Fase sebagian merupakan posisi bulan dimana sebelum menutupi matahari. Gunanya kacamata pelindung untuk meredupkan kekuatan cahaya matahari yang sangat intensif menjadi 100 kali lipat. Pas disitulah kacamata digunakan, dan kalian bisa melepas untuk melihat keindahan gerhana matahari total saat posisi sempurna dan dapat melihat keindahan korona.

“Ketika sudah menutupi bulan, kacamata bisa dilepas agar kita bisa melihat korona. Bagian ini tidak akan terlihat saat hari biasa,” pungkasnya.

Jadi, apa kalian sudah punya rencana dimana akan melihat Gerhana Matahari Total?

Ada beberapa tempat yang direkomendasikan dan banyak hotel di Indonesia yang telah siap untuk fenomena langka ini menyambut para turis domestik maupun mancanegara.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *