VOA Indonesia: Uniknya Karya Seni Satwa dari Kebun Binatang DC

Beruang melukis menggunakan nafas
seorang penjaga sedang memasukkan pipa kemulut beruang (foto: VOA Indonesia)

Temanpintar.com – Dua tahun yang lalau beruang bernama Slot ini melukis dengan menggunakan nafas, memang aneh tapi ini rupanya perilaku dari beruang Slot.

karya lukis dari beruang
“Mereka punya paru-paru dengan kapasitas besar. Bisa menarik dan hembuskan banyak udara. Kami gunakan kemampuan alamiah mereka menaruh cat pada ujung pipa yag terhubung mulut dan minta mereka menghembuskan nafas. Cat akan tersembur ke kanvas, menjadi lukisan abstrak yang unik” ujar para penjaga kebu binatang.

Seperti yang dikutip dari VOA Indonesia, (4/15/2016). Ternyata cukup banyak seniman berkaki empat di kebun binatang nasional Smithsonian, dengan berbagai keunikan mereka menciptakan karya seni denaggna cat berbahan dasar air yang tidak beracun. Selain menggunakan telapak dan cakar ada yang juga menggunakan kuas gorilla ini bahkan selalu memilih dengan teliti, tapi tentu tidak semua hewan ingin melukis.

gorila melukis
“melukis merupakan pilihan. Jadi kalaui seekor binatang tidak mau melukis kami tidak akam memaksa, langsung berhenti. Beri kesempatan binatang lain untuk mencoba” ujar penjaga laki-laki ini.

Selain berbakat beruang 24 tahun ini memang menikmati melukis.
”ketika kami menyiapkan peralatan dan bahan untuk melukis Froncois langsung datang menghampiri dan menunggu sampai kami selesai persiapan. Ia selau rajin menunggu. Saya perhatikan mataFancois melalui terarah pada cat yang tersembur dari pipa ke kanvas” ujar penjaga kebun binatang ini.

hewan bermain musik
Music juga merupakan bagian dari program pengayaan bagi penghuni kebun binatang. Program ini terbukti menstimulasi perkembangan fisik dan mental, sehingga cocok menjadi bagian perawatan kesejahteraan hewan. Para pelatih dilengkapi berbagai alat, mulai dari tablet hingga mainan.

Karyaseni dari hewan
“setiap interaksi antara binatang dengan pengasuhnya akan menciptakan ikatan tersendiri. Setiap interaksi antara binatang dengan pengasuhnya akan menciptakan ikatan tersendiri. Semoga dengan aktivitas seerti ini keterikatan akan semakin erat. Karya seni hewan merupakan daya tarik tersendiri bagi para pengunjung dan menghasilkan pemasukan dalam berbagai acara pengumpulan dalam bagi kebun binatang ini.

Sumber: 1. VOA Indonesia.

                2. YouTube

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *